PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ASPEK RELIGIUS DI MAN 1 TULANG BAWANG BARAT

TRIYA, WAHYUNITA (2021) PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ASPEK RELIGIUS DI MAN 1 TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BARU..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kebijakan PPK ini terintegrasi dalam Gerakan Revolusi Mental (GNRM) yaitu perubahan cara berpikir, bersikap, dan bertindak menjadi lebih baik. Nilai-nilai utama PPK adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas prinsip ini di temukan di MAN 1 Tulang Bawang Barat. Pendidikan karakter religius di bagi menjadi 2 bagian yaitu Ilahiyyah dan insaniyah, dalam menerapkannya menggunakan menggunakan Metode pendidikan Islam (metode hiwar, metode kisah Qur’ani dan nabawi, metode Amtsal (perumpamaan), metode keteladanan (uswah hasanah), metode pembiasaan, metode ibrah dan mauizahah, metode tahgrib dan tarhib). Rumusan masalah Bagaimanakah penerapan penguatan pendidikan karakter pada aspek religius di MAN 1 Tulang Bawang Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mensdripsikan dan menggambarkan secara sistematis bagaimana penerapan penguatan pendidikan karakter pada aspek religius di MAN 1 Tulang Bawang Barat. Tujuan penelitian agar dapat di ketahui cara penerapan penguatan pendidikan karakter pada aspek religius dan mengetahui faktor penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter religius di MAN 1 Tulang Bawang Barat. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data yang di gunakan yaitu pengumpulan data, data reduksi, penyajian data (data display) dan verification (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penguatan pendidikan karakter di MAN 1 Tulang Bawang Barat belum optimal di karenakan guru baru menggunakan 2 metode pandidikan Islam yaitu metode pembiasaan dan keteladanan dalam menerapkan pendidikan karakter religius. Kata kunci: penguatan pendidikan karakter, religius iiABSTRACT The Strengthening Character Education’s policy was integrated in the Mental Revolution Movement (MRM) namely changing ways of thinking, behaving, and acting to be better. The main values of Strengthening Character Education (SCE) were religious, nationalist, independent, mutual cooperation, and the integrity of these principles were found in MAN 1 Tulang Bawang Barat. Religious character education is divided into 2 parts, namely Divine and insaniyah, in implementing it using Islamic education methods (hiwar method, Qur'ani and prophetic story methods, Amtsal method (parables), exemplary method (uswah hasanah), habituation method, ibrah method and mauizahah, tahgrib and tarhib methods). The formulation of the problem was What was the implementation of strengthening character education in the religious aspect of MAN 1 Tulang Bawang Barat. The type of research was descriptive qualitative means that the research explained and described systematically what was the implementation of strengthening character education in religious aspect of MAN 1 Tulang Bawang Barat. The data collecting method used interviews, observation, and documentation. The data analysis used data collection, data reduction, data display, and verification (conclusion). The results showed that the application of strengthening character education at MAN 1 Tulang Bawang Barat was not optimal because the new teacher used 2 methods of Islamic education, namely the method of habituation and exemplary in implementing religious character education. Keywords: the strengthening character education, religious

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:07
Last Modified: 03 Sep 2021 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15577

Actions (login required)

View Item View Item