ADAB MURID DALAM PENDIDIKAN SPIRITUAL MENURUT SYEKH ‘ABD AL QĀDIR AL JĪLĀNI (1077-1166) DAN AL HABĪB ‘ABD ALLAH ‘ALAWĪ AL HADDĀD (1634-1720)

Ahamad, Faisal Pitoni (2021) ADAB MURID DALAM PENDIDIKAN SPIRITUAL MENURUT SYEKH ‘ABD AL QĀDIR AL JĪLĀNI (1077-1166) DAN AL HABĪB ‘ABD ALLAH ‘ALAWĪ AL HADDĀD (1634-1720). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of TESIS FULL AHMAD FAISAL PITONI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRACT In the world of Spiritual Education, we are talking about Sufism which is a component in Islamic Education. Where the figure of the student becomes a central role in the education. A student will carry out his obligations whose norms have changed a lot due to pragmatic modernization which is no longer motivated by a sense of sincerity in seeking knowledge. Sometimes students need to understand their duties as someone who walks on the path to Allah SWT. Sheikh 'Abd Al Qadir al Jilani and Al Habib Abd Allah 'Alawi Al Haddad are figures who take part in Spiritual Education (Sufism). in Spiritual Education According to Sheikh 'Abd Al Qadir al Jiläni and Al Habib Abd Allah 'Alawi Al Haddād. The research method used is library research. The main sources are the book Al Gunyah Li Talibi Tariq Al Haqq, the Treatise of Adab Sulük Al Pupil and the supporting sources are the translation of the Risalah Adab Suluk Al Pupil and books related to the material. The technical data analysis uses the content analysis method. This type of research uses literature. use the library. The results showed that there are students in spiritual education according to Sheikh 'Abd Al Qadir al Jilar and Al Habib Abd Allah 'Alawi Al Haddad is a description of the adab of students in spiritual education to focus on fixed values in the corridors of the Qur'an and sunnah. ,Cleansing the soul before starting the Journey to Allah. There are similarities in concepts and thoughts between Sheikh 'Abd Al Qadir al Jilani and Al Habib Abd Allah 'Alawi Al Haddad in terms of student etiquette in Spiritual Education. both agreed that the concept of naming someone who learns to walk the path of Allah SWT as a person who is humble and puts his trust in Allah, the Qur'an and Hadith as a source of Spiritual Education. went on a spiritual journey and both agreed that nothing. dichotomy between the two. Keywords: Spiritual Education, the perspective of Sheikh 'Abdul Qadïr al jīlānī and, Perspective Al Habib Abd Allah 'Alawi Al-Haddād iiABSTRAK Dalam dunia Pendidikan Spiritual maka kita berbicara mengenai Tasawuf yang merupakan komponen dalam Pendidikan Islam. Yang mana sosok murid menjadi peran sentral dalam pendidikan tersebut. Seorang murid akan melakukan kewajibannya yang norma-normanya sudah banyak berubah akibat kemodernisasian yang bersifat pragmatis yang tidak lagi termotivasi oleh rasa keikhlasan dalam mencari ilmu. Terkadang murid perlu mengerti akan tugas tugasnya sebagai seorang yang berjalan dalam jalan kepada Allah SWT. Syekh „Abd Al Qadīr al Jīlānī dan Al Habīb Abd Allah „Alawī Al Haddad merupakan tokoh yang berkiprah dalam Pendidikan Spiritual (Tasawuf) melihat begitu banyak luasan cakupan pengetahuan dalam masalah pendidikan Spiritual (Tasawuf) maka yang dijadikan objek permasalahan dalam tesis ini tentang Adab Murid dalam Pendidikan Spiritual Menurut Syekh „Abd Al Qadīr al Jīlānī dan Al Habīb Abd Allah „Alawī Al Haddad. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber utama adalah kitab Al Gunyah Li Talibi Tariq Al Haqq, Risalah Adab Sulūk Al Murīd dan sumber pendukungya adalah terjemahan kitab Risalah Adab Sulūk Al Murīd dan buku-buku yang bersangkutan dengan materi. Adapun teknis analisis data menggunakan metode content analysis. Jenis penelitian ini menggunakan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adab Murid dalam Pendidikan Spiritual menurut Syekh „Abd Al Qadīr al Jīlānī dan Al Habīb Abd Allah „Alawī Al Haddād adalah gambaran tentang Adab Murid dalam Pendidikan Spiritual untuk memusat pada nilai-nilai tetap dalam koridor al-Qur‟an dan sunnah, Pembersihan jiwa sebelum memulai Perjalan menuju Allah. Terdapat persamaan konsep dan pemikiran antara Syekh „Abd Al Qadīr al Jīlānī dan Al Habīb Abd Allah „Alawī Al Haddād dalam hal adab Murid dalam Pendidikan Spiritual, keduanya sepakat bahwa konsep penamaan seseorang yang belajar menempuh jalan di jalan Allah SWT sebagai sosok yang merendah dan bertawakal kepada Allah, Al-Quran dan Hadits sebagai sumber dari Pendidikan Spiritual, Menurut kedua tokoh tersebut konsep Tawadhu dan kesederhanaan menjadi hakikat dan modal dasar seorang murid dalam melakukan perjalanan spiritual dan keduanya sepakat bahwa tidak ada dikotomi antara keduanya. Kata Kunci: Pendidikan Spiritual, menurut Syekh „Abd Al Qādir al Jīlāni (1077-1166) dan Al Habib „Abd Allah „Alawī al Haddād (1634- 1720) iii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:01
Last Modified: 03 Sep 2021 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item View Item