KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH ALIYAH MATHLA'UL ANWAR KEDONDONG PESAWARAN

Hapid, Mulyana (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH ALIYAH MATHLA'UL ANWAR KEDONDONG PESAWARAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS Hapid Mulyana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai EMASLIM suatu lembaga pendidikan formal dapat mempengaruhi seluruh elemen yang ada dalam lingkungan madrasah, kemampuan, keahlian dan kebijakan serta kearifan Kepala Madrasah sangat mempengaruhi terhadap struktur kepemimpinan. Keberhasilan pendidikan akan lebih melekat pada keberhasilan kepala madrasah. Kepala Madrasah memiliki fungsi sebagai pemimpin pendidikan adalah utama menciptakan adanya proses belajar mengajar, sehingga guru-guru dapat mengajar dengan caranya masing-masing dan peserta didik dapat belajar serta menerima pelajaran dengan baik. Kepemimpinan kepala madrasah akan terwujud apabila memiliki kemampuan mengambil keputusan, berkomunikasi dalam dan mengendalikan bawahan, berinovasi, melakukan pengawasan dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan Kepala Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pesawaran dalam mengambil keputusan, berkomunikasi dan mengendalikan bawahan, berinovasi, serta melakukan pengawasan. Pendekatan kualitatif dilakukan secara intensif, berpartisipasi di lapangan, mencatat secara hati-hati apa yang terjadi, melakukan analisisis reflektif terhadap berbagai dokumen yang ditemukan dilapangan, dan membuat laporan penelitian secara mendetail. Hasil penelitian menemukan; (1) pengambilan keputusan yang dilakukan Kepala Madrasah dapat dilihat dari proses tahapan yang dilakukan, yaitu melalui kegiatan identifikasi awal, merumuskan tujuan, alternatif solusi, menentukan criteria pemilihan solusi, dan implementasi keputusan; (2) bentuk komunikasi yang dilakukan kepala madrasah komunikasi langsung melalui dua bentuk komunikasi, pertama melalui rapat-rapat yang sudah terjadwal terlebih dahulu, kedua dengan tatap muka secara personal; (3) inovasi kepemimpinan kepala Madrasah, yaitu perencanaan program pembelajaran dan pengadaan sarana prasana pendukung percepatan perbaikan proses dan hasil pembelajaran dalam bentuk program perbaikan mutu guru, mutu proses dan penyediaan sarana- prasarana, ide-ide gagasan baru dituangkan dalam bentuk perencanaan dan penganggaran baik jangka pendek, menengah dan panjang; (4) Kepala madrasah melakukan pengawasan dengan teknik pengawasan kelompok dan individu, melakukan program pengawasan kegiatan pembelajaran, melakukan pengawasan perangkat pembelajaran, melakukan pengawasan kehadiran dan kedisiplinan. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Inovasi, PengawasanABSTRACT The leadership of Madrasah Principal called as EMASLIM in a formal education institution that can affect all elements in the madrasah environment, the abilities, expertise and policies and wisdom of the madrasah Principal greatly affect the leadership structure. The research aims to see the ability of the Principal Aliyah Madrasah Mathla'ul decisions, in making of Anwar Pesawaran communicating and controlling subordinates, innovating, and supervising. The qualitative approach is carried out intensively, calculating in the field, carefully recording what happened, conducting a reflective analysis of various documents found in the field, and making detailed research reports. The research results found; (1) decision making by madrsasah principle can be seen from the process of the stages carried out, namely through initial activities, formulating objectives, alternative solutions, determining criteria for selecting solutions, and implementing decisions; (2) the form of communication carried out by madrasah principle is direct communication through two forms of communication, first through pre-scheduled meetings, secondly by face-to-face in person; (3) the leadership innovation of madrasah principle, namely the learning planning program and the procurement of supporting facilities for the acceleration of process improvement and learning outcomes in the form of a teacher quality improvement program, the quality of the process and the provision of infrastructure, new ideas are poured in the form of good planning and budgeting. short, medium and long term; (4) The madrasah principle supervises with group and individual supervision techniques, carries out a program of monitoring learning activities, supervises learning devices, carries out supervision and discipline. Keywords: Leadership, Madrasah Principal, Innovation, Supervisionةرصتخم ةذبن ، ةسردلما ةئيب في رصانعلا عيجم ىلع رثؤت نأ ةيسمر ةيميلعت ةسسؤم في ةسردلما ريدم ةدايقل نكيم فدهي .ةدايقلا لكيه ىلع يربك لكشب رثؤت ةسردلما ريدم ةمكحو تاسايسو تابرخو تاردقو لصاوتلاو تارارقلا ذاتخا ىلع ناراواسيب رونأ لثم ايلعلا ةسردلما ريدم ةردق ىلع فرعتلا لىإ ثحبلا .فارشلإاو راكتبلااو ينسوؤرلما ىلع ةرطيسلاو ءارجإو ، ةيانعب ثدح ام ليجستو ، نياديلما باسلحاو ، فثكم لكشب يعونلا جهنلا ذيفنت متي .ةلصفم ةيثبح ريراقت دادعإو ، ناديلما في ةدوجولما قئاثولا فلتخلم يساكعنا ليلتح ، ذيفنتلا لحارم للاخ نم سرادلما في رارقلا عنص ةيلمع ةيؤر نكيم )1( ؛ تدجو ثحبلا جئاتن لوللحا رايتخا يرياعم ديدتحو ، ةليدبلا لوللحاو ، فادهلأا ةغايصو ، ةيلولأا ةطشنلأا للاخ نم يأ نم رشابلما لاصتلاا وه ةسردلما سيئر هب موقي يذلا لاصتلاا لكش )2( ؛ تارارقلا ذيفنتو ، قيرط نع ايًناثو ، اقًبسم ةلودمج تاعامتجا للاخ نم ًلاوأ ، لاصتلاا لاكشأ نم ينلكش للاخ يرفوتو ملعتلا طيطتخ جمانرب يأ ، ةسردلما سيئرل يدايقلا راكتبلاا )3( ؛ ايًصخش هجول اهًجو تايلمعو ملعلما ةدوج ينستح جمارب لكش في ملعتلا جئاتنو ةيلمعلا ينستح عيرستل ةمعادلا قفارلما ىدلما ىلع ةنزيمو ديج طيطتخ لكش في ةديدج راكفأ بكس متيو ، ةيتحتلا ةينبلا يرفوتو ةدولجا ، درفلاو يعاملجا فارشلإا تاينقت ىلع ةسردلما ريدم فرشي )4( ؛ ليوطلاو طسوتلماو يرصقلا .طابضنلااو فرا شلإاب موقيو ، ملعتلا ةزهجأ ىلع فرشيو ، ملعتلا ةطشنأ دصرل امجً انرب ذفنيو فارشلإا ، راكتبلاا ، ةسردلما ريدم ، ةدايقلا :ةيحاتفلما تاملكلا

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:05
Last Modified: 03 Sep 2021 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item View Item