PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PESERTA DIDIK KELAS VIII I SMP N 31 BANDAR LAMPUNG

Irawan, Rono Andris (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PESERTA DIDIK KELAS VIII I SMP N 31 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Irawan.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang di hadapi peserta didik kelas VIII I di SMP N 31 Bandar Lampung dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini di sebabkan dalam proses belajar mengajar kemampuan peserta didik untuk bertanya atau meminta bantuan dari guru masih kurang. Dilihat dari keadaan di atas maka dapat di ketahui metode yang digunakan masih kurang baik sehingga peserta didik masih kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Salah satu alternative yang dapat di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam perserta didik adalah model pembelajaran Cooperative Tipe TPS. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran Cooperatipe Learning Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Cooperatipe Tipe TPS pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII I SMP N 31 Bandar lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tahapan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang bersifat induktif. Dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian. Pelaksanaan penelitian ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran Cooperatipe Tipe TPS, ini di buktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar, sebelum penerapan nilai tes hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM adalah 17/53% siswa, tidak mencapai KKM adalah 15/47% siswa, kemudian setelah menggunakan pembelajaran Cooperatipe Tipe TPS dapat di ketahui nilai rata-rata tes hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus pertama nilai rata-rata tes hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan hanya 25/78% siswa, Dan tidak tuntas 7/22% siswa. Kemudian siklus kedua tes hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 27/84% siswa, yang tidak tuntas sebanyak 5/16% siswa. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperatipe Tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII I di SMP N 31 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Oct 2017 03:04
Last Modified: 06 Oct 2017 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item