PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN DAYA TARIK MODEL FASHION TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada GBK-Shop Bandar Lampung)

DESI, SENTIAWATI (2021) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN DAYA TARIK MODEL FASHION TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada GBK-Shop Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DESI SENTIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan perusahaan yang semakin berkembang di era modern, perusahaan dituntut untuk menawarkan produk yang berkualitas dan mempunyai nilai yang lebih. Perusahaan pada dasarnya tidak mengetahui apa yang ada dalam pikiran seorang konsumen pada waktu sebelum, sedang dan setelah melakukan pembelian produk, adanya kecenderungan pengaruh kualitas produk, harga dan daya tarik model fashion terhadap minat beli konsumen yang dilakukan oleh konsumen tersebut, mengisyaratkan bahwa manajemen perusahaan perlu mempertimbangkan aspek minat beli konsumen, terutama proses pengambilan keputusan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan daya tarik model fashion dalam perspektif ekonomi Islam pada konsumen GBK-Shop Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods embedded design.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka.Sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel 100 orang dan analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan nilai thitung sebesar (1,115) < ttabel (1,984), secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai thitung (6,453) > ttabel (1,984), dan untuk variabel daya tarik model fashion secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan nilai thitung (2,443)>ttabel (1,984). Secara bersama- sama kualitas produk, harga dan daya tarik model fashion berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen GBK-Shop Bandar Lampung. Dengan nilai Adjusted R Square diperoleh 0,519 atau 51,9% artinya bahwa variabel kualitas produk, harga dan daya tarik model fashion memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen GBK-Shop sebesar 51,9%, sedangkan sisanya48,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Ekonomi islam menjelaskan bahwakualitas, harga dan daya tarik harus didirikan dalam prinsip tauhid, akhlak dan keadilan agar minat beli konsumen meningkat. Kata kunci : kualitas produk, harga,daya tarik model fashion, minat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:09
Last Modified: 02 Sep 2021 06:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15550

Actions (login required)

View Item View Item