PERAN KEPALA DESA DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA DITINJAU SIYASAH DUSTURIYAH (Studi terhadap kebijakan pengentasan kemiskinan di Desa Way Huwi Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan)

ADE, DIO DIVALDHY (2021) PERAN KEPALA DESA DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT DESA DITINJAU SIYASAH DUSTURIYAH (Studi terhadap kebijakan pengentasan kemiskinan di Desa Way Huwi Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan penyelenggaran pemerintahan desa dalam prinsip desentralisasi dan otonomi daerah, dapat dilihat dari meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa. Kepala Desa berperan dalam mengimplementasikan pemerintahan desa sesuai dengan yang diatur oleh undang-undang tentang pemerintahan desa. Kepala desa bertanggung jawab atas kemajuan desanya guna mencapai masyarakat yang sejahtera sesuai dengan visi dan misi desa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran Kepala Desa Way Huwi dalam pelaksanaan pembangunan desa dalam upaya mensejahterakan masyarakat desa melalui kebijakan pengentasan kemiskinan di desa Way Huwi Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan, serta tinjauan siyasah dusturiyah terhadap upaya kepala desa dalam mensejahterakan masyarakat desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran kepala desa dalam mensejahterakan masyarakat desa melalui kebijakan pengentasan kemiskinan didesa Way Huwi kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan sifat deskriptif-analisis yaitu dengan dengan cara menganalisis data yang diteliti dengan memaparkan data-data kemudian nantinya diperoleh kesimpulan. Adapun data yang diperoleh dari data primer melalui wawancara, observasi, maupun laporan dalam bentuk dokumen, sedangkan data sekunder diperoleh melalui kepustakaan, hasil-hasil penelitian, Al-Quran dan hadist dan peraturan perundang-undangan serta buku-buku ilmiah lainnya. Data-data yang sudah didapat kemudian dianalisa secara sistematis untuk menunjang dalam pembahasan. Selanjutnya dianalisis kualitatif dengan metode deskriptif analisis yang menghasilkan metode induktif dengan cara berfikir dengan diambil kesimpulan didasarkan atas fakta-fakta yang telah diperoleh. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Kepala Desa Way Huwi sebagai kepala penyelenggara pemerintahan desa telah memberikan segenap upaya untuk mensejahterakan masyarakat desa melalui implementasi kebijakan pengentasan kemiskinan yang bersumber dari anggaran dana desa yang telah disediakan oleh pemerintah pusat, kebijakan tersebut berupa bantuan langsung tunai (BLT) yang sudah terselenggara dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan juga pengentasan kemiskinan yang berlandaskan AL-Quran dan Hadist.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:04
Last Modified: 02 Sep 2021 06:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item