STRATEGI PENCEGAHAN POLIS LAPSE AKIBAT KETERLAMBATAN PEMBAYARAN PREMI LANJUTAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Study Pada PT Asuransi Prudential Syariah Bandar Lampung)

Ridho, Febriyansyah (2021) STRATEGI PENCEGAHAN POLIS LAPSE AKIBAT KETERLAMBATAN PEMBAYARAN PREMI LANJUTAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Study Pada PT Asuransi Prudential Syariah Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Ridho_Febriyansyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia sebagian masyarakat mengambil langkah untuk mengikuti asuransi dikarenakan tingginya kesadaran perlindungan risiko. Asuransi syariah adalah pengaturan pengelolaan risiko yang memenuhi ketentuan syariah tolong-menolong secara mutual yang melibatkan peserta dan perusahaan syariah berasal dari ketentuan- ketentuan Al-Qur‘an dan Hadis. Sedangkan polis lapse adalah penghentian penanggungan asuransi akibat tidak dibayarkannya premi-premi. Namun pada praktiknya, adanya nasabah yang merasa dirugikan akibat terjadinya polis lapse karena jika nasabah mengalami polis lapse akibatnya jika hendak mengajukan klaim maka klaim akan ditolak oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pencegahan polis lapse akibat keterlambatan pembayaran premi lanjutan di asuransi Prudential syariah Bandar Lampung dan juga untuk mengetahui strategi pencegahan polis lapse akibat keterlambatan pembayaran premi lanjutan dalam perspektif Islam.Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field resarch) selain itu sebagai pelengkap penelitian, penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Data primer diperoleh langsung dari sumbernya, baik melalui wawancara, observasi maupun laporan dan juga dilengkapi data sekunder. Analisis data tersebut dianalisisi menggunakan data yang bersifat kualitatif, dengan cara berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa yang khusus ditarik generalisasinya yang bersifat umum. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa polis lapseakan dinyatakan lapse ketika nasabah tidak membayarkan preminya sampai tanggal jatuh tempo dan batas keterlambatan yang telah diberikan. Sehingga, untuk mencegah terjadinya polis lapse yaitu dengan memberlakukan upaya strategi pencegahan risiko terjadinya dengan pembayaran melalui internet banking, auto debet, virtual account, pemotongan tabarru‟ secara otomatis tujuannya untuk memudahkan nasabah untuk membayar premi secara rutin dan tepat waktu dimanapun dan kapanpun. Kata Kunci: Strategi Pencegahan, Polis Lapse, Premi iiABSTRACT In Indonesia, some people take steps to take insurance because of the high awareness of risk protection. Sharia insurance is a risk management arrangement that complies with sharia provisions for mutual assistance involving participants and sharia companies originating from the provisions of the Qur‟an and Hadith. While the lapse policy is the termination of insurance coverage due to non- payment of premiums. However in, practice, there are customers who feel aggrieved due to the occurrence of policy lapse because if the customer expriences a policy lapse as a result, if they want to file a claim will be rejected by the company. The purpose of this study is to determine the strategy for preventing policy lapse due to delays in payment of advanced premiums in Prudential sharia insurance in Bandar Lampung and also to determine strategies to prevent policy lapse due to delays in payment of advanced premiums in an Islamic perspective.In addition, as a complement to the research, this research uses library research. Primary data is obtained directly from the source, either through interviews, observations and reports and is also equipped with secondary data. The data analysis was analyzed using qualitative data, by means of inductive thinking, namely departing from facts or events that were specifically drawn to generalizations of a general nature. Based on the results of the study, it can be concluded that the lapse policy will be declared lapse went the customer does not pay the premium until the due date and delay limit that has been given. Thust, to prevent the occurrence of policy lapse, payments via internet banking, auto debit, virtual accounts, automaticallycutting tabarru‟, the aim is to make it easier for customers to pay premiums regulary and on time wherever and whenever. Keywords: Prevention Strategy, Lapse Policy, Premi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:13
Last Modified: 02 Sep 2021 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15528

Actions (login required)

View Item View Item