PENGARUH PENGANGGURAN, INFLASI, DAN PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2012-2019

Yovita, Krisnamurti (2021) PENGARUH PENGANGGURAN, INFLASI, DAN PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2012-2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi  1-2 yovita.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Yovita Krisnamurti_15,5_23.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi merupakan hal yang diharapkan oleh semua pihak tatanan negara baik masyarakat maupun pemerintah untuk membuktikan bahwa suatu daerah tersebut telah berhasil dilakukan pengeksploran dan pemberdayaan sumber daya yang tersedia. Namun, hal tersebut berbalik fakta dengan kehidupan nyata, di mana masih adanya masalah-masalah khususnya mengenai ekonomi, baik ketidakmerataan ekonomi seperti pengangguran yang membeludak, inflasi, dan juga pertumbuhan penduduk yang tidak dapat dikendalikan. Oleh sebab itu, rumusan masalah penelitian ini pengangguran, inflasi, dan pertumbuhan penduduk berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung tahun 2012-2019 baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengangguran, inflasi, dan pertumbuhan penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung Tahun. Metode penulisan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dari Badan Pusat Statistik tentang data pengangguran, inflasi, pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan yang kemudian diolah dengan menggunakan software SPSS 20. Hasil analisis secara parsial, pengangguran berpengaruh signifikan negatif, inflasi berpengaruh signifikan positif, dan pertumbuhan penduduk berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya secara simultan menyatakan bahwa pengangguran, inflasi dan pertumbuhan penduduk berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung. Kemudian dalam pandangan ekonomi islam pengangguran tidak diperbolehkan, inflasi banyak memberikan dampak negatif, dan pertumbuhan penduduk hal yang diharapkan dalam Islam namun dengan kualitas sumber daya manusia yang baik sama-sama memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Kata Kunci : Pengangguran, Inflasi, Pertumbuhan Penduduk, Pertumbuhan Ekonomi, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:33
Last Modified: 02 Sep 2021 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item