PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNA, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN UANG ELEKTRONIK DENGAN SIKAP KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Kota Bandar Lampung)

Desta, Ramadhani (2021) PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNA, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN UANG ELEKTRONIK DENGAN SIKAP KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI_ Desta Ramadhani_ 05 Juli 2021 .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Uang elektronik merupakan altenatif pembayaran non tunai dalam transaksi mikro atau ritel. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin modern secara otomatis kebutuhan primer semakin meningkat sehingga manusia membutuhkan uang. Masyarakat menyadari akan pentingnya alat tukar ysng tidak bersifat fisik, baik kertas maupun logam, yaitu dengan alat tukar elektronik. Uang elektronik memberikan suatu sarana atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kemudahan, manfaat atau berdampak positif dan negatif bagi masyarakat. Rumusan dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan pengguna dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan layanan uang elektronik pada mahasiswa di Kota Bandar Lampung secara parsial dan silmutan serta bagaimana sikap konsumen sebagai variabel intevening memediasinya dan untuk mengetahui bagaimana pandangan pespektif ekonomi Islam tentang uang elektronik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rumus Slovin. Dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapat dengan mengisi kuesioner lalu diolah dengan teknik SmartPLS. Hasil penelitian didapat bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan pengguna dan persepsi risiko memiliki pengaruh langsung yang lebih kecil dibandingkan pengaruh tidak langsung. Hal ini dikarenakan adanya variabel intervening yaitu sikap konsumen yang menyebabkan pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan pengaruh langsung. Maka dapat diartikan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan pengguna dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan layanan uang elektronik dengan adanya sikap konsumen sebagai variabel mediasi yang memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap minat menggunakan layanan uang elektronik. Dapat dikatakan semakin banyak minat menggunakan uang elektronik akan mendatangkan sikap yang puas tehadap suatu sistem uang elektronik dan akan cepat berkembang atau cepat mewujudkan tujuan bahwa uang elektronik dapat salah satu mempemudah konsumen untuk bertransaksi pembayaran dimana saja. Dalam pandangan ekonomi Islam, uang elektronik halal untuk digunakan selama tidak ada dalil yang melarang dan tidak adanya transaksi haram. Selain itu uang elektronik dapat memberikan kemaslahatan dari keunggulan berupa lebih cepat, mudah dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:27
Last Modified: 02 Sep 2021 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item View Item