UJI AKTIVITAS SEDIAAN KRIM ANTI AGING KOMBINASI EKSTRAK KUNYIT (Curcuma longa L) DAN ALGA HIJAU (Haematococus pluvialis)

DIAN, AFRILIANTI (2021) UJI AKTIVITAS SEDIAAN KRIM ANTI AGING KOMBINASI EKSTRAK KUNYIT (Curcuma longa L) DAN ALGA HIJAU (Haematococus pluvialis). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of DIAN AFRILIANTI (Cetak).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK UJI AKTIVITAS SEDIAAN KRIM ANTI AGING KOMBINASI EKSTRAK KUNYIT (Curcuma longa L.) DAN ALGA HIJAU (Haematococus pluvialis) Oleh Dian Afrilianti Kulit merupakan organ terluar dan terluas yang merupakan pembatas dari lingkungan sekitar sebagai fungsi untuk melindungi otot, ligamen, dan organ internal dari radiasi sinar ultraviolet (UV), dehidrasi, dan mikroorganisme. Akibatnya kerusakan struktur kulit pada system pertahanan tubuh dapat mengganggu penampilan terutama pada wanita. Rimpang kunyit (Curcuma longa L) dan alga hijau (Haematococus pluvialis) merupakan bahan alami yang mengandung bayak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan fungsi jaringan dalam pembentukan sel, peremajaan kulit, mencegah degeneratif, anti inflamasi, sebagai antioksidan dan terdapat kandungan astaxantin sehingga memiliki kemampuan untuk memperlambat proses penuaan. Penelitian ini bertujuan membuat formula sediaan krim tipe minyak dalam air (m/a) dan menguji aktivitas anti-aging pada kulit. Ekstrak kunyit dan alga hijau dibuat dengan cara maserasi kemudian dikombinasikan dalam betuk sediaan krim dengan modifikasi dasar krim tipe m/a dengan konsentrasi 0,5%, 2%, 3,5%, dan 5%. Pengujian krim meliputi uji homogenitas, tipe emulsi, pH, iritasi terhadap kulit, stabilitas penyimpanan dalam suhu kamar selama 28 hari dan uji anti aging terhadap kulit dengan mengguaka alat skin analyzer selama 4 minggu. Parameter yang diuji meliputi kadar air, kolagen, pigmen kulit, elastisitas kulit, da kadar minyak. Krim digunakan setiap 2 kali sehari selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kunyit dan alga hijau dapat dikombinasikan menjadi sediaan krim dengan tipe emulsi m/a memiliki pH 5-6, semua formulasi krim stabil selama penyimpanan 90 hari pada suhu kamar dan tidak menimbulkan adanya iritasi terhadap kulit. Hasil pegukuran aktivitas krim anti aging menunjukkan bahwa krim kunyit dan alga hijau 5% memiliki pengaruh sangat baik sebagai anti aging dengan meningkatkan kadar air sebanyak 24, meningkatkan kolagen kulit sebanyak 36, menurunkan pigmen kulit sebanyak 42, meningkatkan elastisitas sebanyak 42, menurunkan kadar sebum sebanayak 14. Kata Kunci : Ekstrak kunyit dan Alga hijau, Krim, Anti-Aging

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:10
Last Modified: 01 Sep 2021 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15503

Actions (login required)

View Item View Item