PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CMI BERBANTUAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR MATEMATIS PESERTA DIDIK

DINDA, OKTARINA ASTITI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CMI BERBANTUAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINDA OKTARINA ASTITI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir matematis diperlakukan dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan berpikir matematis siswa SMP Muhammadiyah 1 Kalianda, disebabkan karena tingkat konsentrasi siswa tidak maksimal dalam mengikuti pembelajaran, lingkungan yang tidak mendukung sehingga siswa menjadi malas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan pada model pembelajaran CMI (Comprehensive Mathematics Instruction) berbantuan Pendekatan RME terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir matematis. Jenis penelitian ini adalah Qausy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kalianda. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, terpilih 2 kelas yaitu kelas VIII C dengan model CMI dengan RME (Realistic Mathematics Education) dan VIII D dengan model problem solving. Instrumen penelitian berupa dokumentasi dan tes esay. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan MANOVA. Menurut hasil analisis data penelitian, terdapat perbedaan hasil kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CMI berbantuan pendekatan RME dengan model pembelajaran problem solving. Adanya model pembelajaran tersebut menjadikan lingkungan belajar lebih kondusif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran problem solving. Maka dapat disimpukan bahwa model pembelajaran CMI berbantuan pendekatan RME lebih baik dibandingkan model pembelajaran problem solving untuk melihat kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir matematis. Kemudian terdapat nilai signifikan kemampuan berpikir matematis lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep pada penggunaan model pembelajaran CMI berbantuan pendekatan RME. Kata kunci: Comprehensive Mathematics Instruction, Realistic Mathematics Education, Pemahaman Konsep dan Berpikir Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:14
Last Modified: 01 Sep 2021 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15498

Actions (login required)

View Item View Item