MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWARBANDAR LAMPUNG

INTAN, KESUMA AYU (2021) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWARBANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Intan Kesuma Ayu .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran yang melalui proses pereencanaan, pengadaan, inventarisasi, penggunaan, pemeliharaan, penghapusan , dan pertanggungjawaban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala tata usaha dan tenaga pendidik. Objek penelitian ini adalah Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kegiatan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Dari metode penelitian yang dilakukan menghasilkan bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kegiatan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Bandar Lampung diantaranya, yang pertama perencanaan sarana dan prasarana selalu dilakukan rapat terlebih dahulu kemudian membentuk panitia pengawasan, melakukan analisis, melakukan seleksi barang yang paling penting ,kedua Pengadaan sarana dan prasrarana, melakukan pengecekan ulang sarana dan prasarana yang akan digunakan, melakukan rincian anggaran kemudian mengajukan proposal ke Kementerian Agama , ketiga Inventarisasi, melakukan pencatatan kode disetiap barang, sebagai bukti pengadaan barang, keempat Penggunaan sarana dan prasrana, melihat siapa dan apa kegunaan pemakaian, selalu menjadwalkan pengunaan barang tiap kelas seperti barang laboratorium dan melihat karakter siswa yang menggunakan sarana prasarana tersebut, kelima Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan secara berkala, keenam Penghapusan sarana dan prasarana membuat list barang yang akan dihapus dan menumpukannya dalam satu tempat, ketujuh Pertanggungjawaban sarana dan prasrana dilakukan dengan cara membuat laporan Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kegiatan Proses Pembelajaran di Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Bandar Lampug sudah berjalan dengan cara : Perencanaan, Pengadaan, Inventarisasi, Penggunaan, Pemeliharaan, Penghapusan dan Pertanggungjawaban Key Word: Manajemen Sarana dan Prasarana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:11
Last Modified: 26 Aug 2021 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15475

Actions (login required)

View Item View Item