IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS VIRTUAL CLASS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DITINJAU DARI GENDER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO

RIA, ASTUTI (2021) IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS VIRTUAL CLASS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DITINJAU DARI GENDER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CVR BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS VIRTUAL CLASS MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DITINJAU DARI GENDER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO Oleh: Ria Astuti Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar biologi peserta didik di SMAN 1 Bandar Sribhawono menunjukkan bahwa masih terdapat peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan e- learning berbasis virtual class menggunakan google classroom pada masa COVID-19 terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik ditinjau dari gender pada mata pelajaran biologi kelas XI SMAN 1 Bandar Sribhawono. Penelitian ini dilakukan dikelas XI SMAN 1 Bandar Sribhawono, Lampung Timur, metode penelitian ini termasuk jenis Quaisy Experiment. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (Posttest) dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan Uji Two Way Anova dengan memperoleh nilai Sig. 0,000 maka sesuai dengan kriteria uji two way anova berarti H1 diterima, artinya peserta didik dengan e-learning berbasis virtual class menggunakan google classroom di kelas eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan untuk uji between subject effect hasil belajar terhadap gender memperoleh data Sig. 0,843 serta memperoleh data Sig. 0,562 yang berarti tidak ada interaksi antara e-learning berbasis virtual class menggunakan google classroom dengan gender terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XI SMAN 1 Bandar Sribhawono. Kata Kunci : Hasil Belajar, E-Learning Berbasis Virtual Class Google Classroom, Gender ii

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:06
Last Modified: 26 Aug 2021 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15474

Actions (login required)

View Item View Item