IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG

ELSI, SEPTINA (2021) IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ELSI SEPTINA Full (2).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELSI bab I dan V.pdf] PDF
Download (666kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian portofolio pada pembelajaran tematik kelas IV SD Insan Mandiri Bandar Lampung. Meliputi isi portofolio, kriteria penilaian portofolio, format penilaian isi portofolio, teknik penilaian dan bentuk penyusunan portofolio. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kualitatif dengan data deskriptif. Adapun subjek penelitiannya adalah guru kelas IV SD Insan Mandiri Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Implementasi penilaian portofolio pada pembelajaran tematik kelas IV Selama masa pandemi Covid-19 dapat terlaksana melalui via online, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Isi portofolio yang dikembangkan pendidik berisi tugas harian peserta didik (gambaran/lukisan, membuat kolase, mozaik, jadwal piket dll). Tugas tersebut sebagian besar berasal dari buku terbitan Erlangga tematik terpadu untuk SD/MI dengan tema peduli terhadap makhluk hidup. 2) Kriteria penilaian yang digunakan disesuaikan dengan indikator pencapaian yang telah ditentukan, guru menilai hasil tugas peserta didik sesuai dengan kriteria yang tercantum didalam RPP. 3) Guru tidak mengembangkan format penilaian isi portofolio, karena terbatasnya waktu pembelajaran masa pandemi Covid-19. 4) Teknik penilaian yang dikembangkan guru yaitu penilaian produk yang mencakup tiga aspek penilaian meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan, yang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan. 5) Bentuk penyusunan portofolio yang dikembangkan guru yaitu archifal portofolio.Archifal portofolioyaitu berupa map. Bagian portofoliopada map belum dilengkapi, hanya terdiri dari sampul identitas peserta didik, dan map portofolio peserta didik juga tidak dilengkapi dengan format penilaian. Catatan tentang hasil tugas yang seharusnya ada dalam format penilaian dituliskan oleh guru langsung pada tugas peserta didik yang dikirim kepada guru dalam bentuk foto. Kegiatan penyusunan portofolio ke dalam map dilakukan oleh peserta didik masing-masing dirumah dengan bantuan orangtua.Hal ini menunjukkan bahwa beberapa pelaksanaan penilaian portofolio pada masa pandemi Covid-19 belum terlaksana dengan baik. Kata kunci: penilaian portofolio, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:48
Last Modified: 25 Aug 2021 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item