IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PORTOFOLIO TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG

Tri, Handayani (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PORTOFOLIO TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV SD INSAN MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI bab 1 dan 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran dalam jaringan, menggunakan metode jarak jauh. Hal ini yang diterapkan di sekolah SD Insan Mandiri Bandar Lampung, dan metode pembelajaran daring tersebut merupakan metode baru yang sudah diterapkan sesuai anjuran pemerintah guna untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Namun penerapan pembelajaran daring yang dilaksanakan belum maksimal dikarenakan, pendidik dituntut harus menguasai metode baru yakni pembelajaran daring via Zoom dan Whatsapp Group. Pendidik merasa kesulitan dalam menyampaikan materi dikarnakan tidak dapat bertatap muka langsung dengan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring berbasis portofolio dan faktor penduduk dan penghambat pembelajaran daring pada tema peduli terhadap makhluk hidup sub tema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku di kelas IV SD Insan Mandiri Bandar Lampung. Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Tempat penelitan adalah SD Insan Mandiri Bandar Lampung. Waktu penelitian adalah semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Adapun subjek penelitiannya adalah pendidik kelas IV. Sumber data yang didapatkan peneliti berdasarkan data primer ( wawancara kepada pendidik) dan data sekunder (dokumentasi pelaksanaan pembelajaran daring di kelas IV). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Implementasi pembelajaran daring pada tahap administrasi mempersiapkan jadwal,persensi peserta didik dan menyusun RPP sesuai pembelajaran daring. Tahap perencanaan pembelajaran pendidik mempersiapkan materi dan media serta evaluasi pembelajaran. Tahap pelaksanaan pembelajaran dimulai melalui zoom dan whatsapp group, pembelajaran dimulai dengan mengecek kehadiran kemudian menyampaikan materi pembelajaran selanjutnya pendidik memberikan penugasan portofolio sebagai penilaian pembelajaran. Tahap penilaian hasil dan proses pembelajaran penggunaan aplikasi zoom dan whatapp group menunjang pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran daring 2) Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah memfasilitasi wifi untuk Pendidik di sekolah, dan peserta didik diberikan kuota internet gratis. Faktor penghambat pembelajaran daring yaitu jaringan internet yang tidak stabil dan kapasitas penyimpanan handpone pendidik yang sedikit untuk menyimpan file-file penugasan peseta didik Kata Kunci: Pembelajaran Daring Berbasis Portofolio

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 05:39
Last Modified: 25 Aug 2021 05:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15444

Actions (login required)

View Item View Item