Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Ahlak Kelas X di MAN 1 Pesawaran

WAHYUDI, Roswil (2021) Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Ahlak Kelas X di MAN 1 Pesawaran. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI WAHYUDI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja guru adalah segala upaya guru dalam mengembangkan kegiatan yang ada di sekolah menjadi kegiatan yang lebih baik, sehingga tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan baik pula melalui suatu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sesuai dengan target serta tujuan yang telah ditetapkan. Permasalahan dalam penelitian apakah ada pengaruh kinerja dan berapa besar pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di MAN 1 Pesawaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 1 Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di MAN 1 Pesawaran yang berjumlah 104 dengan jumlah sampel 34 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster rendom sampling tehnique. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara tidak struktur, angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data, uji linearitas, uji analisis regresi sederhana, dan koefesien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data, diperoleh data thitung = -1,483 dengan signifikansi = 0,05 dan ttabel = 2,037. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung < ttabel (-1,483 < 2,037) dan signifikansinya 0,148 > 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kinerja guru tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak. Besarnya pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak sejumlah 6,4%. Hal ini dapat diartikan bahwa 6,4% hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak dipengaruhi oleh kinerja guru, sedangkan 93,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kinerja guru. Kata kunci : Kinerja Guru, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:27
Last Modified: 25 Aug 2021 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item View Item