PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIALDI MI MATHLA’UL ANWARSINDANG SARI LAMPUNG SELATAN

Sawab, Baqiyatus (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIALDI MI MATHLA’UL ANWARSINDANG SARI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_BAQIYATUS_SAWAB.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disebabkan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, selain itu disebabkan karena pembelajaran ilmu pengetahuan sosial masih teacher centered, sehingga hasil belajar siswarendah. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV semester genap di MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV MI Mathla’ul Anwar Sindang Sari Lampung Selatan. Desain penelitian ini menggunakan The Matching only posttest control group design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes essay yang sesuai indikator. Uji hipotesis penelitian menggunakan ujit dimana, sebelum dilakukan ujit data di uji terlebih dahulu menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning kelas eksperimen diperoleh nilai posttes rata-rata 73,69 dan pada kelas control diperoleh nilai rata-rata 59,68. Untuk uji t pada posttes diperoleh thitung = 18,7080536 ttabel (0,05) = 1,6759. Dengan demikian apabila thitung>ttabel maka H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbadaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model direct instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:53
Last Modified: 04 Oct 2017 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item View Item