PENGARUH MODEL MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

EKA, PUSPITA SARI (2021) PENGARUH MODEL MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Eka Puspita Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan kemampuan dan latar belakang intelektual peserta didik membuat kegiatan pembelajaran menjadi tidak optimal sehingga membuat Higher Order Thinking Skills dan Kemandirian Belajar peserta didik rendah.Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan penerapan model yang menyajikanberagam representasi sehingga peserta didik dapat diberikan kesempatan untuk menerima informasi sesuai dengan kemampuan yang ada dalam dirinya, yaitu model Multipel Representasi. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh model Multipel Representasi terhadap Higher Order Thinking Skillsdan kemandirian belajar pesertadidik kelas X pada mata pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung.Teknik pengumpulan data meliputi soal essay, angket, serta dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan nilai Posttest HOTS peserta didik dalam kategori baik dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,63 dan rata-rata N-gain kelas kontrol sebesar 0,35. Sama halnya dengan nilai posttest kemandirian belajar peserta didik dengan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,54 dan rata-rata N-gain kelas kontrol 0,15. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data normal dan homogen. Hasil perhitungan hipotesis dengan uji Manova menunjukkan bahwa nilai Sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Multipel Representasi terhadap Higher Order Thinking Skills dan Kemandirian Belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Kata kunci :Higher Order Thinking Skills, Kemandirian Belajar, Model Multipel Representasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2021 06:48
Last Modified: 23 Aug 2021 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15414

Actions (login required)

View Item View Item