STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI KECAMATAN GEDONG TATAAN PESAWARAN

SAMSUL, ALHADI (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI KECAMATAN GEDONG TATAAN PESAWARAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of TESIS SAMSUL ALHADI (UJIAN TERBUKA).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI KECAMATAN GEDONG TATAAN PESAWARAN OLEH : SAMSUL ALHADI Penegasan tentang pentingnya menanamkan nilai-nilai multikultural dalam dunia pendidikan tertuang dalam Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 4 Ayat 1 yang menjelaskan bahwa pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa. Kecamatan Gedong Tataan adalah kecamatan yang menjadi pusat pendidikan di Kabupaten Pesawaran. Kondisi peserta didik yang belajar di SMP Negeri memiliki latar belakang sangat beragam baik dari segi agama, bahasa, suku, budaya, status sosial. Hal ini dipandang perlu melalui strategi guru pendidikan agama Islam untuk menanamkan nilai-nilai multikultural. Metode penelitian yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ditemukan bahwa kondisi warga sekolah di SMP Negeri Kecamatan Gedong Tataan Pesawaran cukup beragam, strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di Kecamatan Gedongtataan kabupaten Pesawaran pada SMPN 1 Pesawaran dan SMPN 26 Pesawaran menggunakan dua strategi yaitu pertama strategi inkuiri yaitu strategi yang cenderung melibatkan peserta didik saling berinteraksi aktif, kreatif hal ini memunculkan keterbukaan dalam berfikir (nilai keterbukaan), nilai rendah hati, dan nilai kebebasan. Kedua, strategi pembelajaran kontekstual dimana peserta didik tidak hanya memahami materi tetapi dengan kesadaran dirinya dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini memunculkan sikap saling menghargai (toleransi), menyebarkan nilai perdamaian dan kemanusiaan. Untuk faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi ini antara lain faktor internal fisiologis dan psikologis dan faktor eksternal keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kunci: Strategi, Nilai, Multikultultural iABSTRACT STRATEGY OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS IN IMPLEMENTING MULTICULTURAL VALUES IN JUNIOR HIGH SCHOOL, GEDONG DISTRICT, PESAWARAN REGION By: SAMSUL ALHADI The affirmation of the importance of instilling multicultural values in the world of education is contained in the SISDIKNAS Law Number 20 of 2003 Article 4 Paragraph 1 which explains that education is carried out democratically and fairly and is not discriminatory by upholding human rights, religious values, cultural values, and national diversity. Gedong Tataan District is a sub-district that is the center of education in Pesawaran Regency. The condition of students studying at State Junior High Schools has very diverse backgrounds both in terms of religion, language, ethnicity, culture, social status. This is deemed necessary through the strategy of Islamic religious education teachers to instill multicultural values. The research method used in this study is a qualitative research method and the type of research used is descriptive qualitative, the data collection technique uses interviews, observation, and documentation, while in analyzing the data using data reduction, data presentation, and drawing conclusions and testing the validity of the data using source triangulation technique. The results of the study found that the condition of school residents in Gedong Tataan Pesawaran District Junior High School was quite diverse, the strategy of Islamic religious education teachers in instilling multicultural values in Gedongtataan District Pesawaran District at SMPN 1 Pesawaran and SMPN 26 Pesawaran used two strategies, namely the first inquiry strategy, namely the strategy of inquiry. which tends to involve students interacting actively, creatively, this raises openness in thinking (value openness), the value of humility, and the value of freedom. Second, contextual learning strategies where students not only understand the material but with awareness that they can apply it in everyday life, this raises an attitude of mutual respect (tolerance), spreading the values of peace and humanity. The supporting and inhibiting factors in implementing this strategy include physiological and psychological internal factors and external factors of family, school, and local communities. Keys: Strategy, Values, Multicultural

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2021 06:25
Last Modified: 23 Aug 2021 06:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15411

Actions (login required)

View Item View Item