PERSEPSI GURU TENTANG STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 22 BANDAR LAMPUNG

Feri, Gunawan (2021) PERSEPSI GURU TENTANG STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 22 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of CETAK SKRIPSI FERI GUNAWAN 1711010053.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pelaksanaan strategi multiple intelligences pada pembelajaran PAI di SMPN 22 Bandar Lampung yang berkaitan dengan guru dan segala faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan strategi multiple intelligences di sekolah. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan April 2021 di SMPN 22 Bandar Lampung. Metodologi penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan bertujuan untuk menggunakan metode deskriptif yang menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Teknik Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Sumber data yang dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini dilakukukan dengan cara : 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi. Dalam hal ini, penulis melakukan wawancara dengan beberapa narasumber yakni waka kurikulum dan guru mata pelajaran PAI. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan pada penelitian ini, penulis mengamati Proses pelaksanaan strategi multiple intelligences dengan cara observasi secara langsung ke sekolah. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi hasil penelitian ini yang telah dianalisis menunjukan bahwa guru PAI di SMPN 22 Bandar Lampung menganggap strategi multiple intelligences lebih baik karena didalamnya membahas tentang macam-macam kecerdasan, mendukung kreativitas siswa untuk belajar lebih baik dan membuat guru terpacu untuk melakukan inovasi menciptakan pembelajaran yang mampu mendukung keberhasilan siswa khususnya dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama. Namun disisi lain guru juga merasakan adanya kesulitan dalam penilaian autentik terhadap siswa karena banyaknya poin-poin penilaian yang harus dilaksanakan serta kurangnya pemahaman tentang penerapan multiple intelligences. Kata kunci : Persepsi, Multiple Intelligences, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2021 05:41
Last Modified: 23 Aug 2021 05:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item