ETNOPEDAGOGI MUHASABAH SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF FATAHILLAH SINDANG ANOM KEC. SEKAMPUNG UDIK KAB. LAMPUNG TIMUR

DEVI, SUSMA RINI SY (2021) ETNOPEDAGOGI MUHASABAH SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF FATAHILLAH SINDANG ANOM KEC. SEKAMPUNG UDIK KAB. LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Devi Susma Rini Sy.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Dilakukannya penelitian ini dilatar belakangi oleh kemerosotan karakter peserta didik, Dikarnakan karakter peserta didik yang kurang baik, salah satunya yaitu melanggar tata tertib di sekolah maupun didalam kelas, maka MTs Ma‟arif Fatahillah ini melaksanakan sebuah kegiatan yang dapat membuat para peserta didik bisa mengininstrospeksi dirinya masing-masing, diantara kegiatannya yaitu Muhadharah, Tilawah dan Hadroh. Dalam membentuk karakter para peserta didik tidak cukup hanya dengan teori-teori yang di ajarkan didalam kelas akan tetapi diperlukan kegiatan-kegiatan diluar kelas. Dengan tujuan Etnopedagogi Muhasabah Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Di MTs Ma‟arif Fatahillah Sindang Anom. Etnopedagogi Muhasabah ini dilaksanakan untuk membentuk karakter peserta didik. Dengan adanya budaya yang berupa kegiatan muhasabah ini karakter peserta didik bisa diperbaiki. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah apakah Etnopedagogi Muhasabah dapat memperbaiki Karakter Peserta Didik di MTs Ma‟arif Fatahillah Sindang Anom? Dalam metode ini digunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yakni dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah dengan pendekatan dekriptif kualitatif. Dan untuk memeriksa keabsahan data maka peneliti menggunakan triangulasi tehnik. Hasil penelitian peneliti simpulkan bahwa, etnopedagoogi muhasabah yang dilakukan di MTs Ma‟arif Fatahillah Sindang Anom, dapat membentuk dan memperbaiki Karakter bagi peserta didik. Dengan adanya kegiatan ini karakter peserta didik menjadi lebih baik, peserta didik menjadi lebih taat pada peraturan sekolah, lebih disiplin , menjadi lebih kreatif percaya diri, bertanggung jawab, menghormati guru maupun sesama teman dan terdapat perubahan-perubahan lainnya. Kata kunci: Etnopedagogi Muhasabah, Pendidikan Karakter, Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:51
Last Modified: 23 Aug 2021 04:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15392

Actions (login required)

View Item View Item