Pertiwi, Ria Sastra (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTs NURUL FALAH GUNUNG TIGA KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (64MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Falah Gunung Tiga Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, yang dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum sepenuhnya berpusat pada peserta didik. Oleh karena perlu dilakukan perbaikan pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan strategi pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran (student centered), yaitu dengan mengimplementasikan strategi jigsaw agar hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik meningkat menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Dengan demikian hipoSkripsi penelitian ini adalah implementasi strategi jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas model Stephen Kemmis dan Mc Taggart. Konsep pokok PTK menurut Stephen Kemmis dan Mc Teggart terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian peserta didik kelas VIII A di MTs Nurul Falah Gunung Tiga Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 28 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, yang kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hiposkripsi tindakan dalam penelitian ini diterima yaitu: “Implementasi strategi jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTs Nurul Falah Gunung Tiga Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2016/2017.” Kesimpulan tersebut berdasarkan temuan bahwa pada prasiklus persentase peserta didik yang dikategorikan tuntas hanya 36% atau 10 orang peserta didik dan 64% atau 18 orang peserta didik yang dikategorikan belum tuntas. Pada siklus I peserta didik yang dikategorikan tuntas meningkat menjadi 64% atau 18 orang dan peserta didik yang belum tuntas belajar menurun hanya 36% atau 10 orang. Pada siklus II peserta didik yang dikategorikan tuntas meningkat menjadi 82% atau 23 orang peserta didik dan peserta didik yang dikategorikan belum tuntas sedikit sekali yaitu hanya 18% atau 5 orang peserta didik saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 03:28 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 03:28 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1539 |
Actions (login required)
View Item |