PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI DI SMPN 1 PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

OKTA, HARDIANTI (2021) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI DI SMPN 1 PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of TESIS FULL OKTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada dasarnya bertujuan untuk menanamkan nilai spiritual kepada siswa. Keberadaannya berfungsi untuk membentuk kepribadian seorang yang beragama Islam, beriman, dan juga bertakwa kepada Alah Swt. Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan dosen memuat tugas tentang keprofesionalitas guru, dalam pasal 20, yang menyatakan bahwa guru dalam melaksanakan keprofesionalan berkewajiban merencanakan pembelajaran, menerapkan proses pembelajaran yang berkualitas, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Dengan pembelajaran dimasa pandemi yang dilakukan secara daring timbulnya permasalahan yang dihadapi oleh pendidik maupun peserta didik di SMPN 1 Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus yaitu terdapat perbedaan dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi di masa pandemi ini dengan pembelajaran yang dilakukan sebelum adanya pandemi, perbedaan yang paling utama adalah dalam proses pembelajaran itu sendiri yang dilakukan mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir yang membuat pendidik merasa kesulitan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pambelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi di SMPN 1 Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan siswa sedangkan data skunder diperoleh melalui dokumen-dokumen terkait penelitian yang ada disekolah. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data penelitian ini mengguakan teori Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang yang penulis gunakan adalah triangulasi sumber dalam penelitian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam masa pandemi di SMPN 1 Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus. Hasil dari penelitian ini menunjuka bahwa guru PAI di SMPN 1 Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus dalam Perencanaan pembelajaran PAI di masa pandemi telah disusun yang dimulai dari penyusunan silabus dan RPP. Dalam Pelaksanaan Pembelajaran PAI Masa Pandemi terdapat beberapa komponen- komponen yang ada pada kegiatan, yang meliputi kegiatan awal, inti, dan penutup belum semuanya diterapkan atau dilaksanakan dengan baik. Dalam Evaluasi Pembelajaran guru melakukan penilaian dengan continue juga adil, dilakukan dengan cara tes tertulis yang dikumpul melalui whatssapp atau Google Classroom mengukur ranah kognitif. Dalam penilaian ranah afektif dan psikomotorik dimasa pandemi guru belum mengukur penilaian sikap maupun keterampilan dikarenakan kurangnya media yang dipakai guru dan kondisi lingkungan disekitar siswa yang kurang mendukung. Kata Kunci : Pembelajaran, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pendidikan Agama Islam, dan Masa PandemiABSTRACT Learning Islamic Religious Education basically aims to instill spiritual values to students. Its existence serves to shape the personality of a person who is Muslim, has faith, and is also devoted to Allah SWT. In Law Number 14 of 2005 concerning teachers and lecturers, it contains tasks regarding teacher professionalism, in article 20, which states that teachers in carrying out professionalism are obliged to plan lessons, implement quality learning processes, and assess and evaluate learning outcomes. With online learning during the pandemic, there are problems faced by educators and students at SMPN 1 Pulau Panggung, Tanggamus Regency, namely that there are differences in planning implementation and evaluation during this pandemic with learning conducted before the pandemic, the most important difference is in The learning process itself is carried out starting from the initial activities, core activities and final activities that make educators feel difficult. The formulation of the problem in this study is how to teach Islamic Religious Education during the Pandemic Period at SMPN 1 Pulau Panggung, Tanggamus Regency? This research uses the type of research field research (field research). Primary data sources include school principals, PAI teachers, and students while secondary data is obtained through documents related to existing research in schools. Data collection methods are interviews, observations and documents. The data analysis technique of this research uses the theory of Miles & Huberman, namely data reduction, data presentation, and conclusions. The test of the validity of the data that the author uses is triangulation of sources in the study of Islamic Religious Education Learning during the pandemic at SMPN 1 Pulau Panggung, Tanggamus Regency. The results of this study indicate that PAI teachers at SMPN 1 Pulau Panggung, Tanggamus Regency, in planning PAI lessons during the pandemic have been planned and compiled starting from the preparation of the syllabus and lesson plans (RPP). In the Implementation of PAI Learning during the Pandemic Period, there were several components in the activity, which included initial, core, and closing activities, not all of them were implemented or implemented properly. In the Learning Evaluation, the teacher conducts a continuous and fair assessment, carried out by means of a written test collected via WhatsApp or Google Classroom measuring the cognitive domain. In assessing the affective and psychomotor domains during the pandemic the teacher has not measured the assessment of attitudes and skills due to the lack of media used by the teacher and the environmental conditions around students that are less supportive. Keywords: Learning, Planning, Implementation, Evaluation, Islamic Religious Education, and the Pandemic Period

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Aug 2021 06:59
Last Modified: 20 Aug 2021 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15361

Actions (login required)

View Item View Item