PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME TAHUN AJARAN 2016/2017

Wahyuni, Sri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
PDF
Download (119kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan ranah kognitif dalam pembelajaran matematika yang harus ditempatkan pada prioritas utama. Pemahaman konsep yang baik merupakan dasar untuk pengembangan materi lebih lanjut. Dari data Ulangan Tengah Semester kelas VII MTs Muhammadiyah Sukarame diperoleh persentase sebesar 33,3 % peserta didik yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan 66,7 % peserta didik masih di bawah KKM. Rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik MTs Muhammadiyah disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan pendidik masih bersifat satu arah. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian menggunakan model Inkuiri terbimbing dengan tujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis. (2) Ada tidaknya pengaruh gaya kognitif peserta didik terhadap pemahaman konsep matematis.(3) Ada tidaknya interaksi model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design dengan rancangan posttest only control design. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas VII A menggunakan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dan kelas VII B menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis dan tes Group Embeded Figure Test (GEFT). Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan dengan diperoleh taraf signifikansi 5% sehingga ditolak. sehingga juga ditolak sehingga diterima. Kemudian diperoleh kesimpulan (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. (2) Terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:46
Last Modified: 04 Oct 2017 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item