PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MODIFIKASI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG BERBANTUAN ZOOM CLOUD MEETING

DEWI, AYU AJENG NING TIAS (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MODIFIKASI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG BERBANTUAN ZOOM CLOUD MEETING. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Dewi Ayu Ajeng Ning Tias.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MODIFIKASI METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG BERBANTUAN ZOOM CLOUD MEETING Oleh Dewi Ayu Ajeng Ning Tias Model pembelajaran Example Non Example merupakan salah satu alternatif untuk dijadikan proses pembelajaran. Gambar pada model tersebut digunakan sebagai alat atau media dalam proses pembelajaran matematika dengan untuk digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan materi yang akan dipelajari. Sedangkan metode tutor sebaya adalah sebuah metode yang dimana pendidik mencari peserta didik dengan kemampuan daya serap tinggi pada materi yang diajarkan guna menjadi tutor teman sebayanya. Penalaran dan koneksi matematis merupakan kemampuan matematis untuk menghadapi permasalahan, baik dalam matematika maupun kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Al Huda Jati Agung, pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Adanya model pembelajaran Example Non Example modifikasi metode tutor sebaya ini membuat suasana belajar menjadi lebih aktif walaupun dengan media zoom dan peserta didik tidak malu bertanya jika mereka kurang paham karena adanya tutor sebaya dan menurut hasil analisis terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example modifikasi metode tutor sebaya terhadap kemampuan penalaran matematis dan koneksi matematis peserta didik. Kata kunci: Example Non Example, Metode Tutor Sebaya, Penalaran Matematis, Koneksi Matematis, Bangun Ruang, Zoom. iiABSTRACT THE EFFECT OF EXAMPLE NON EXAMPLE LEARNING MODIFICATION MODIFICATION OF COURSE TUTOR METHODS ON MATHEMATIC REASONING ABILITY AND MATHEMATIC CONNECTION OF STUDENTS ON BUILDING MATERIALS OF ZOOM CLOUD MEETING By Dewi Ayu Ajeng Ning Tias The Example Non Example learning model is an alternative to be used as a learning process. The images on the model are used as tools or media in the mathematics learning process to be used by educators in conveying the material to be studied. While the peer tutoring method is a method in which educators look for students with high absorption abilities in the material being taught to become peer tutors. Mathematical reasoning and connection is a mathematical ability to deal with problems, both in mathematics and in real life. This research is a type of Quasi Experimental Design research. The population in this study were students of class VIII SMP Al Huda Jati Agung, sampling using Simple Random Sampling technique. Data analysis in this study used the MANOVA test. The existence of the Example Non Example learning model modification of the peer tutor method makes the learning atmosphere more active even though with zoom media and students are not ashamed to ask if they do not understand because of peer tutors and according to the results of the analysis there is an influence of the Non Example learning model modification of the peer tutor method on the ability of mathematical reasoning and mathematical connections of students. Keywords: Example Non Example, Peer Tutor Method, Mathematical Reasoning, Mathematical Connection, Build Space, Zoom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:56
Last Modified: 18 Aug 2021 08:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15344

Actions (login required)

View Item View Item