ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL PERSPEKTIF MASLAHAT (Studi pada Pusat Kesehatan Masyarakat Cempaka Kecamatan Sungkai Jaya Lampung Utara)

BELLA, PRATAMA (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2011 TENTANG BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL PERSPEKTIF MASLAHAT (Studi pada Pusat Kesehatan Masyarakat Cempaka Kecamatan Sungkai Jaya Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI BELLA PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Jaminan sosial telah dilaksanakan sebagian Negara di dunia salah satunya di Negara Indonesia yang merupakan amanat konstitusi. Tindak lanjut amanat konstitusi tersebut adalah disahkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Undang-Undang ini mengamanatkan adanya transformasi badan penyelenggara dari badan penyelenggara yang telah ada untuk menjadi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. jaminan sosial penting bagi masyarakat karena setiap individu memiliki resiko mengalami kerentanan sosial. Analisis efektivitas dari BPJS masih banyak mendapatkan kritikan, dari masyarakat. Terutama kurangnya Infrastruktur BPJS, yaitu yang harus dibenahi kurangnya Sarana dan prasarana peralatan dan terbatasnya stok obat dengan jumlah sedikit. Puskesmas merasa kesulitan dengan adanya obat terbatas yang diterima oleh pihak puskesmas dari pusat untuk melayani pasien BPJS. Sehingga pasien penerima BPJS merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas itu sendiri. Berdasarkan penelitian di atas yang menjadi rumusan masalah di dalam Skripsi ini adalah Bagaimana Pelayanan Puskesmas Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Jaminan Sosial Oleh BPJS di Puskesmas Cempaka Kecamatan Sungkai Jaya Lampung Utara dan yang kedua, Bagaimana Analisis Perspektif Maslahat terhadap Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Menurut Undang-Undang Tersebut di Puskesmas Cempaka Sungkai Jaya. Penulisan Skripsi ini digunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung di lapangan atau kepada responden secara langsung. dengan cara Observasi, Dokumentasi dan Wawancara. Sedangkan sifat dari penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif yaitu mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel, di Puskesmas Cempaka Kecamatan Sungkai Jaya Lampung Utara. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa BPJS di Puskesmas Cempaka Indikator Cukup Baik dalam segi melayani pasien BPJS. Akan tetapi peneliti menemukan adanya kekurangan dalam pemberian obat dengan jumlah sedikit, puskesmas merasa kesulitan dengan menerima obat yang terbatas untuk melayani pasien BPJS dan kurangnya peralatan yang tersedia di puskesmas. Menurut peneliti ideal yang di lakukan adalah memberi penjelasan kepada pasien mengenai pengurangan pemberian jumlah obat dan peralatan yang terbatas. Peneliti merekomendasikan terhadap Pemerintah daerah dan Dinas Kesehatan untuk lebih memperhatikan fasilitas kesehatan tingkat pertama agar Puskesmas dan tenaga medis bisa beroperasional secara optimal dan mendapatkan penilaian yang baik dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Aug 2021 05:33
Last Modified: 18 Aug 2021 05:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15313

Actions (login required)

View Item View Item