PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK PENGUATAN POSITIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS N 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SITI, NUR ASIAH (2021) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK PENGUATAN POSITIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS N 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT  BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya motivasi belajar daring pada peserta didik. Dalam upaya meningkatkan motivasi belajar daring pada peserta didik tidak mudah di capai, karena terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi peserta didik melakukan malasnya belajar daring. Faktor tersebut antara lain kurangnya minat belajar pada peserta didik terhadap mata pelajaran yang sedang berlangsung, kurangnya perhatian, bakat, kesiapan akan memulai daring, suasana rumah, lingkungan, dan keadaan ekonomi.berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melaksanakan penelitian dengan pelaksanaan layanan konseling kelompok melalui teknik penguatan positif dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada peserta didik kelas VIII di MTs N 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara pelaksanaan layanan konseling kelompok melalui teknik penguatan positif dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 6 orang peserta didik kelas VIII B regular dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan design penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data menggunakan data triangulasi yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan konseling kelompok melalui teknik penguatan positif dalam meningkatkan motivasi belajar daring pada peserta didik kelas VIII di MTs N 2 Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik dan terdapat perubahan pada peserta didik terlihat dari keaktifan ingin belajar daring dan catatan buku kasus yang tidak lagi malas dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:30
Last Modified: 13 Aug 2021 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15302

Actions (login required)

View Item View Item