Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar-Raihan Bandar Lampung.

Susanti, Ressi (2017) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar-Raihan Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan, proses kegiatan kepemimpinan kepala sekolah SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung kemampuannya dalam mempengaruhi guru, memberi perintah, memotivasi, serta menciptakan rasa percaya diri guru, semua dilaksanakan dengan baik. Namun, berdasarkan data awal, tingkat kedisiplinan guru SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung belum baik. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dan mengajukan rumusan masalah dalam penelitian ini “bagaimanakah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung?” Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah kepala sekolah, wakil, seluruh guru SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan teknik analisis kulalitatif,dengan langkah-langkah: mengkatagorisasikan data, mereduksi data, menyajikan data dan mengklasifikasikan data sesuai dengan fokus penelitian kemudian menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung dilakukan melalui kemampuannya dalam mempengaruhi guru, kemampuannya dalam memberi perintah kepada guru, kemampuannya dalam memotivasi guru, serta kemampuanya dalam menciptakan rasa percaya diri guru. Setiap tahapan tersebut dilaksanakan dengan kriteria baik oleh guru SMP IT Ar-Raihan Bandar Lampung. Pada aspek kemampuan kepala sekolah dalam mempengaruhi dan kepala sekolah kurang optimal karena masih ada guru yang mengabaikan instruksi-instruksi tersebut. Pada aspek memberi perintah kepada guru kurang optimal karena masih ada guru yang mengabaikan instruksiinstruksi tersebut. Pada aspek keteladanan dalam memotivasi guru sudah terlihat dalam wujud kesehariannya di sekolah sebagai kepala sekolah yang ramah namun tetap disiplin, namun dalam tahapan pengaruh pada diri guru terlihat ada kelemahan pada reinforcement (penguatan) pada sisi reward bagi guru yang disiplin, begitu pula dalam kontrol dan punishment (sanksi) yang lemah bagi yang kurang disiplin. Pada aspek kemampuannya dalam menciptakan rasa percaya diri guru guru sudah cukup baik meskipun belum secara maksimal.Hal-hal tersebut sesuai penelitian yang menyebabkan masih kurang optimalnya kedisiplinan guru di SMP IT Ar-Raihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 24 Feb 2017 07:41
Last Modified: 24 Feb 2017 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item