PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN SELF EFFICACY

STEPHANIE, BALQIS (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN SELF EFFICACY. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CVR BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan Numerik merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan angka-angka untuk memecahkan masalah. Self Efficacy merupakan keyakinan diri seseorang akan kemampuannya untuk mengatasi hambatan dan mencapai tujuan. Berdasarkan hasil ulangan harian di SMA Negeri 1 Buay Madang menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika masih rendah, hal ini disebabkan beberapa faktor seperti kurang beragamnya model pembelajaran yang digunakan, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam perhitungan matematika, baik operasi hitung angka-angka dan bernalar dengan angka-angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan numerik dan self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quasy Experimental. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Buay Madang. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dengan sampel yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Pair Check dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Interaction). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Manova. Pengolahan data ini menggunakan bantuan SPSS 25.0 dan Microsoft Excel. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Pair Check dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan numerik, (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Pair Check dan model pembelajaran langsung terhadap self efficacy, (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Pair Check dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan numerik dan self efficacy. Kata Kunci : Pair Check, kemampuan numerik dan self efficacy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 07:00
Last Modified: 13 Aug 2021 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15297

Actions (login required)

View Item View Item