PENGARUH STRATEGI WANKAT-OREOVOCZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

DELLA, TRI ADITIYA NINGRUM (2021) PENGARUH STRATEGI WANKAT-OREOVOCZ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Della Tri Aditiya Ningrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan untuk dikuasai oleh siswa sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Hasil pra penelitian di kelas XI MA Darun Nasyi’in, Batanghari Nuban Lampung Timur menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa tergolong rendah, dimana siswa masih banyak yang mendapatkan nilai dibawah KKM (KKM = 75). Dari 46 siswa yang mencapai KKM sebanyak 3 siswa. Peneliti tertarik untuk menerapkan strategi pemecahan masalah yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan strategi Wankat-oreovocz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Wankat-oreovocz terhadap kemampuan pemahaman konsep, pengaruh strategi Wankat-oreovocz terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan pengaruh strategi Wankat-oreovocz terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIA dan XIB MA Darun Nasyi’in, Batanghari Nuban Lampung Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Multivariate Analysis Of Varians (Manova). Hasil penelitian dan hitung uji manova diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi Wankat-oreovocz terhadap kemampuan pemahaman konsep, terdapat pengaruh strategi Wankat-oreovocz terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan terdapat pengaruh strategi Wankat-oreovocz terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Strategi Wankat- oreovocz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:26
Last Modified: 13 Aug 2021 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15294

Actions (login required)

View Item View Item