IMPLEMENTASI TEKNIK SELF CONTROL DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

MAYA, SARI (2021) IMPLEMENTASI TEKNIK SELF CONTROL DALAM KONSELING INDIVIDU UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ketidakmampuan peserta didik dalam memilih perilaku yang positif dan negatif dapat berdapak baik dan buruk pula bagi peserta didik. Layanan Bimbingan dan Konseling disekolah sangatlah penting untuk membantu peserta didik menemukan kepribadian, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. Dengan demikian, peserta didik akan mempertimbangkan kembali atau mencoba untuk menahan dan mengontrol diri saat dirasa perilaku yang negatif akan muncul. Berkaitan dengan perilaku agresif yang dialami peserta didik, Guru Bimbingan dan Konseling berupaya memberikan layanan Konseling Individu dengan menggunakan teknik self-control untuk membantu mengatasi perilaku agresif peserta didik di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku agresif peserta didik, program dan implementasi layanan Konseling Individu dengan menggunakan teknik self-control dan mengetahui hasil pelaksanaan konseling individu teknik self-control untuk membantu mengurangi perilaku agresif peserta didik MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan Konseling Individu dengan menggunakan teknik self-control untuk membantu mengurangi perilaku agresif peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan Konseling Individu dengan menggunakan teknik self-control di MTs Negeri 2 Bandar lampung mengalami penurunan dalam perilaku agresifnya, dapat dilihat dari dokumentasi Guru Bimbingan dan Konseling yang menunjukkan adanya penurunan perilaku dan juga wawancara dengan Guru Bimbingan dan Konseling yang mengatakan dilakukan pemantauan perkembangan perilaku peserta didik dengan mengobservasi dan mengevaluasi setelah layanan diberikan dengan berkolaborasi bersama wali kelas dan Guru mata pelajaran. Kata kunci: Teknik Self-control, Perilaku Agresif. iiABSTRACT The inability of students to choose positive and negative behavior can have good and bad effects for students. Guidance and Counseling services in schools is vital in helping learners find to private early, get to know the environment and plan for the future. Thus, students will reconsider or try to hold back and control themselves when it is felt that negative behavior will appear. Regarding the aggressive behavior experienced by students, Guidance and Counseling Teachers seek to provide Individual Counseling services using self-control techniques. To help overcome the aggressive behavior of students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. The purpose of this study was to describe the aggressive behavior of students, programs and implementation of individual counseling services using self-control techniques and to find out the results of the implementation of individual counseling with self-control techniques to help reduce the aggressive behavior of students at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. This study uses qualitative research to describe the implementation of Individual Counseling services using self-control techniquesto help reduce the aggressive behavior of students. This research uses descriptive qualitative research with interview and documentation techniques. The results showed that Individual Counseling services using self- control techniques at MTs Negeri 2 Bandar Lampung decreased in their aggressive behavior, it can be seen from the Guidance and Counseling Teacher documentation which showed a decrease in behavior and also interviews with Guidance and Counseling Teachers who said monitoring was carried out development of learner behavior by observing and evaluating after services are provided in collaboration with wali class and subject Teachers. Keywords: Sel-control Technique, Aggressive Behavior

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:22
Last Modified: 13 Aug 2021 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item View Item