PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V C MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 6 ULUM SUKAMAJU KECAMATAN JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Safitri, Riyanita (2017) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V C MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 6 ULUM SUKAMAJU KECAMATAN JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Safitri,.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Metode Sosiodrama merupakan metode pembelajaran yang cukup baik yang diterapkan oleh peneliti dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Tujuan dari pemilihan metode ini adalah untuk membuat pelajaran lebih menyenangkan dan peserta didik dapat menerima sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik MIN 6 Ulum Sukamaju Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas belajar peserta didik kelas V C MIN 6 Lampung Selatan. Oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran. Maka dari itu diperoleh rumusan masalah apakah dengan menggunakan metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik . Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar obsevasi dan dokumentasi serta wawancara pada aktivitas belajar. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dengan menggunakan metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan pada siklus I sampai siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran. Pada Siklus I pertemuan I rata-rata aktivitas peserta didik 49,523. peserta didik yang mencapai ketuntasan 6 peserta didik dengan persentase 28,57%, sedangkan peserta didik yang belum tuntas mencapai 15 peserta didik dengan persentase 71,42%. Pada siklus II pertemuan II rata-rata aktivitas peserta didik 80. Peserta didik yang mencapai ketuntasan 19 peserta didik atau 90,47% sedangkan 2 peserta didik dengan persentase 9,5% belum tuntas. Hal tersebut dapat di simpulkan bahwa penerapan metode sosiodrama sebagai metode pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V C MIN 6 Ulum Sukamaju Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Oct 2017 02:03
Last Modified: 03 Oct 2017 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item