PENYESUAIAN AKADEMIK DITINJAU DARI KESESUAIAN MINAT MEMILIH JURUSAN DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA

AFDHALIA, Darlis Baib (2021) PENYESUAIAN AKADEMIK DITINJAU DARI KESESUAIAN MINAT MEMILIH JURUSAN DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENYESUAIAN AKADEMIK DITINJAU DARI KESESUAIAN MINAT MEMILIH JURUSAN DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA Oleh : AFDHALIA Perguruan tinggi (PT) memiliki suatu kekhasan yang berbeda dengan sekolah menengah atas (SMA), perguruan tinggi lebih memfokuskan untuk mencapai suatu prestasi, memiliki cara belajar yang berbeda, memiliki waktu yang banyak dengan teman sebaya dan lain-lain. Keberhasilan mahasiswa dalam menjalani kegiatan proses belajar di Perguruan Tinggi dapat dilihat dari bagaimana mahasiswa tersebut menyesuaikan diri dalam bidang akademik. Mahasiswa yang memiliki penyesuaian akademik yang baik akan lebih merasa tenang dan mampu meraih prestasi yang banyak dalam perkuliahan, sedangkan mahasiswa dengan penyesuaian akademik yang buruk sulit meraih prestasi karna selalu membandingkan dirinya dengan orang lain sehingga selalu merasa gagal dalam meraih prestasi dalam perkuliahan. Dalam hal ini untuk mencapai prestasi dan mencegah kegagalan maka penyesuaian akademik ada hubungannya dengan minat memilih jurusan yang menjadi faktor internal dalam diri mahasiswa, serta dukungan sosial orang tua sebagai faktor eksternal yang selalu memberi saran, arahan dan dorongan kepada mahasiswa dalam segi moril dan materiil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kesesuaian minat memilih jurusan dan dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian akademik. Menganalisis hubungan kesesuaian minat memilih jurusan dengan penyesuaian akademik. Menganalisis hubungan dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung angkatan 2019 yang berjumlah 156 orang. Peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan cara teknik pengambilan sampel Proportionate Random Sampling dan menggunakan sampel dengan jumlah 76 orang mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan skala penyesuaian akademik 22 aitem (α=0.886), skala kesesuaian minat memilih jurusan 42 aitem (α=0.954), skala dukungan sosial orangtua 17 aitem (α=0.925). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 26.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil : 1) Ada hubungan kesesuaian minat memilih jurusan dan dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian akademik dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0.547 dan nilai F = 15.595 dengan p = 0.000 (p < 0.01). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Kedua variabel bebas memberikan sumbangan efektif total sebesar 30% sedangkan untuk selebihnya ada 70% disebabkan oleh faktor-faktor yang lain dari variabel penyesuaian akademik. 2) Ada hubungan kesesuaian minat memilih jurusan dengan penyesuaian akademik dengan nilai koefisien korelasi (rx1y) = 0.530 dengan p = 0.000 (p < 0.01). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kedua diterima. Pada variabel kesesuaian minat memilih jurusan memberikan sumbangan efektif sebesar 25%. 3) Ada hubungan dukungan sosial orangtua dengan penyesuaian akademik dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0.338 dengan p = 0.001 (p < 0.01). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis ketiga diterima. Pada variabel dukungan sosial orangtua memberikan sumbangan efektif sebesar 5%. Kata Kunci : Penyesuaian Akademik, Kesesuaian Minat Memilih Jurusan, Dukungan Sosial Orangtua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Aug 2021 03:49
Last Modified: 12 Aug 2021 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15277

Actions (login required)

View Item View Item