HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK N 5 BANDAR LAMPUNG

Ramida, Yati (2021) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK N 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Ramida Yati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMKN 5 BANDAR LAMPUNG Oleh Ramida Yati NPM 1611010290 ABSTRAK Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep diri dengan prestasi belajar pendidikan agama islam kelas x di SMK N 5 Bandar Lampung dan adakah hubungan prestasi yang dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 230 siswa. Sampel berjumlah 25 siswa dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Variabel yang kaji yaitu Konsep diri dengan prestasi belajar siswa. Data diambil dari skla konsep diri dengan prestasi belajar siswa. Uji coba intrumen menggunakan uji validitas, uji reabilitas menggunakan rumus alpha, instrumen konsep diri memiliki koefisien alpha chonbach sebesar 0,842. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu tahap deskripsi data, tahap uji prasarat, dan uji hipotesis. Tahap uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji lineritas. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas X SMK Negeri 5 Bandar Lampung. Hal tersebut ditunjukan dengan rhitung lebih sebesar 0,754 lebih besar dari pada rtabel dengan N 25 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,396 sehingga rhitung > rtabel (0,745 > 0,396) Kata kunci: Konsep Diri, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam iiiHUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMKN 5 BANDAR LAMPUNG Oleh Ramida Yati NPM 1611010290 ABSTRAK The problem raised in this study is how self-concept with learning achievement of Islamic religious education class X at SMK N 5 Bandar Lampung and is there a relationship between student achievement. This study aims to determine the relationship between self-concept and student achievement in class X SMK Negeri 5 Bandar Lampung. This study uses a quantitative approach. This type of research is a correlation study. The population in this study amounted to 230 students. A sample of 25 students was carried out using a proportional random sampling technique. The variable being examined is self-concept and student achievement. The data were taken from the self-concept scale with student achievement. The test instrument used the validity test, the reliability test used the alpha formula, the self-concept instrument had an alpha chonbach coefficient of 0.842. The data analysis technique consists of three stages, namely the data description stage, the prerequisite test stage, and the hypothesis testing stage. The analysis prerequisite test phase includes the normality test and the linearity test. Hypothesis testing using the product moment correlation technique. The results of this study indicate that there is a relationship between self-concept and learning achievement of Islamic religious education in class X SMK Negeri 5 Bandar Lampung. This is indicated by rcount more than 0.754 which is greater than rtable with N 25 at a significant level of 5% of 0.396 so that rcount> rtable (0.745> 0.396) Keywords : Self Concept, Learning Achievement, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2021 04:06
Last Modified: 09 Jul 2021 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15183

Actions (login required)

View Item View Item