STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA EKOWISATA DI DESA PAHMUNGAN, KECAMATAN PESISIR TENGAH, KABUPATEN PESISIR BARAT

SEPTI, AMELIA (2021) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN DESA EKOWISATA DI DESA PAHMUNGAN, KECAMATAN PESISIR TENGAH, KABUPATEN PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL SEPTI AMELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of pusat 1 5.pdf] PDF
Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dewasa ini perkembangan pariwisata konvensional menjadi ekowisata sedang marak digemari oleh masyarakat lokal maupun masyarakat luar. Ekowisata diartikan sebagai wisata alam yang mengarah pada konservasi lingkungan. Hadirnya ekowisata berbasis alam sebagai inovasi baru untuk meminimalisir dampak negatif pada lingkungan. Potensi alam untuk objek ekowisata di Indonesia cukup besar untuk dikembangkan. Namun minimnya pengetahuan dan wawasan masyarakat mengenai pemanfaatan dan pengoptimalan pengelolaan ekowisata ini menjadi penghambat dalam perkembangan ekowisata selanjutnya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pemberdayaan masyarakat agar masyarakat bisa berdaya. Pemberdayaan tak serta merta dilakukan begitu saja, harus ada sebuah strategi dalam pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan selanjutnya. Sebagaimana peneliti melakukan penelitian di desa Pahmungan. Penelitian ini mengungkap bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat yang diterapkan oleh dinas pariwisata untuk pengembangan desa ekowisata dan bagaimana tingkat partisipasi masyarakat di desa Pahmungan dalam pengelolaan ekowisata damar mata kucing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemberdayaan dan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengembangan ekowisata di desa Pahmungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari Desain Penelitian dan Partisipan yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil temuan peneliti menyatakan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat yang dijembatani oleh dinas pariwisata Pesisir Barat dalam pengembangan ekowisata di desa Pahmungan melalui strategi dengan tahap penyadaran, pengkapasitasan, dan pendayaan. Untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakatnya dilihat dari tahapan perencanaan, pengelolaan, evaluasi dan menikmati hasil. Strategi pemberdayaan tersebut terbilang cukup baik karena selain memberi pemberdayaan kepada masyarakatnya, juga memperbaiki fasilitas-fasilitas ekowisata damar mata kucing. Akan tetapi penerapan strategi pemberdayaan masyarakatnya belum optimal karena program kegiatan pengkapasitasan belum berkelanjutan. Dan untuk tingkat partisipasi masyarakat, sudah ada partisipasi dari masyarakat untuk pengembangan ekowisata, namun masih rendah dan belum merata karena yang ikut berpartisipasi dalam pengelolaan ekowisata hanya dari aparat desa, pokdarwis, pengelola damar mata kucing dan masyarakat yang menyediakan home stay. Kata Kunci: Ekowisata, Partisipasi Masyarakat, Strategi Pemberdayaan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:29
Last Modified: 08 Jul 2021 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15170

Actions (login required)

View Item View Item