MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Arsita, Linda (2017) MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Arsita.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Nilai –nilai agama dan moral sangat penting untuk di tanamkan sejak dini agar manusia berada dalam kebenaran dan senantiasa berada di jalan yang lurus, jalan yang telah di gariskan oleh Allah SWT. Inilah yang akan mengantar kan manusia kepada kebahagiaan di dunia dan akhirat, Untuk meningkatkan aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, Guru dapat menggunakan metode bercerita, Berdasarkan latar belakang masalah di atas, Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan “Apakah Melalui Penerapan Metode Bercerita dapat Mengembangkan Aspek Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan melalui Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di TK Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas B2 di TK Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 22 peserta didik. Sedangkan obyek penelitiannya adalah proses perkembangan kemampuan Nilai- Nilai Moral Dan Agama anak melalui metode bercerita .Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat penulis simpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral peserta didik kelas B2 di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung, dengan hasil berkembang sangat baik mencapai 87% dengan target keberhasilan 80%. Hal ini terlihat dari adanya perkembangan kemampuan anak yang telah mencapai indikator perkembangan: Mampu memahami perilaku baik dan buruk, Menghormati agama orang lain, Memahami perilaku mulia, Membiasakan diri beribadah, Mengenal agama yang dianut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Oct 2017 06:49
Last Modified: 02 Oct 2017 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item