ENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ECOPRENEURSHIP TERHADAP PENINGKATAN SIKAP KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI KELAS X

SARAH, FARANITA (2021) ENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ECOPRENEURSHIP TERHADAP PENINGKATAN SIKAP KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI KELAS X. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI SARAH FARANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya kesadaran peserta didik terkait lingkungan sekitar serta selalu memandang rendah sampah atau barang bekas. Oleh karena itu peneliti mencoba mengajak peserta didik untuk mulai peduli terhadap lingkungan disekitar mereka dengan cara memanfaatkan barang bekas untuk digunakan menjadi bahan dasar pembuatan kerajinan. Dengan demikian peneliti mencoba mengkolaborasikan anatar model pembelajaran berbasis proyek dengan ecopreneurship. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kreatif dan pemahaman konsep peserta didik. Selain itu peneliti juga ingin menumbuhkan jiwa kewirausahaan didalam diri peserta didik dengan cara memanfaatkan barang bekas yang ada disekitar mereka. Jadi selain peserta didik mendapatkan ilmu dan pengalaman belajar baru peserta didik juga dapat membantu pengurangan sampah disekitar mereka sehingga tumbuhlah rasa peduli terhadap lingkungan mereka. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian mengumpulkan data berupa tes yang meliputi pretest-postest, angket serta dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampelnya ialah acak kelas, dimana peneliti menggunakan 2 kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Dimana pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis ecopreneurship sedangkan kela kontrol menggunakan model pembelajaran direct instruction. Setelah data dikumpulkan maka langkah selanjutnya yaitu mengolah data yang dilakukan dengan uji validasi, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya beda. Adapun uji hipotesis yang digunakan ialah uji manova. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan nilai rata-rata N-gain 0,42 %, uji manova menunjukkan sig. 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwasannya terdapat pengaruh model project based learning berbasis ecopreneurship terhadap sikap kreatif dan pemahaman konsep biologi kelas X di MAN 1 Lampung Barat. Kata Kunci: Ecopreneurship, Model Project Based Learning, Pemahaman Konsep, Sikap Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:31
Last Modified: 08 Jul 2021 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15164

Actions (login required)

View Item View Item