PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MIS MASYARIQUL ANWAR 4 BANDAR LAMPUNG

ARIF, PRASETIO (2021) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MIS MASYARIQUL ANWAR 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MIS MASYARIQUL ANWAR 4 BANDAR LAMPUNG Oleh Arif Prasetio Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada materi Keragaman Sosial Budaya pada tema 3 di kelas Vb. Meningkatkan hasil belajar IPS yang diamati pada penelitian ini meliputi, merangkum, menyimpulkan, membandingkan, menjelaskan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas Vb MIS Masyariqul Anwar 4 Bandar Lampung yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu: perencanaan, pelaksanaan, obesrvasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas V MIS Masyariqul Anwar 4 Panjang Bandar Lampung. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan rekaman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS peserta didik mengalami peningkatan. Dari 28 peserta didik yang memenuhi syarat ketuntasan sebanyak 13 peserta didik atau 46,4285 % pada siklus 1, dan siklus 2 sebanyak 20 peserta didik atau 71,4285 % yang memenuhi syarat. Pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 73,35 dan siklus 2 memperoleh nilai rata-rata 76,71 sehingga dapat dinyatakan mengalami peningkatan 7.71 atau 27,55 % dari nilai rata-rata. Peningkatan juga terlihat pada bertambah 7 peserta didik atau 53,5% dihitung dari siklus 1 ke siklus 2 yang memenuhi syarat ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan ini mengalami meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik dan dinyatakan penelitian tindakan ini berhasil. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dan IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jul 2021 02:35
Last Modified: 08 Jul 2021 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15153

Actions (login required)

View Item View Item