PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

Konita, Amalia (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG Oleh Konita Amalia 1611060383 Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di SMA N 06 Bandar Lampung pada pembelajaran biologi, masih menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu perlu dikembangkan model pembelajaran untuk mengiringi pembelajaran yang melibatkan peserta didik agar lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas XI SMA N 06 Bandar Lampung disebabkan kurang pemahaman pendidik dalam menentukan model dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Question Student Have (QSH) terhadap pemahaman konsep peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik yang telah di uji validitas, reabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalisasi, uji homogenitas dan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai postes siswa pada kelas eksperimen adalah 86,97 dan kelas kontrol 79,86. Hasil uji t menunjukan bahwa diperoleh hasil sig. (2-tailed) 0,006 < α (0,05) sehingga H1 diterima artinya rata-rata hasil yang diperoleh peserta didik dengan menggunakan Question Student Have (QSH) lebih dari rata-rata hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode konvensional. Kata kunci : Question Student Have (QSH), Pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 06:37
Last Modified: 07 Jul 2021 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15151

Actions (login required)

View Item View Item