PENGGUNAAN MEDIA MAGIC BOX DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BINA BAKTI SUMBERMULYO TANGGAMUS

WIDYANING, LESTARI (2021) PENGGUNAAN MEDIA MAGIC BOX DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK BINA BAKTI SUMBERMULYO TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WIDYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan masih terdapat beberapa anak yang perkembangan bahasanya belum berkembang dan perlu ditingkatkan dalam hal anak yang masih kurang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, berkomunikasi dengan lisan maupun tulusan dengan lafal yang benar dan menggunakan bahasanya sendiri, menyusun kalimat, dan mengenal banyak huruf , kurang dapat mengekspresikan apa yang dirasakannya, menyampaikan pendapat. Untuk menyikapi masalah tersebut maka digunakanya media magic box dalam hal untuk mengembangkan aspek perkembangan bahasa pada anak. Penelitian kualitatif atau penelitian deskripsi kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, penggunaan media magic box dalam mengembangkan bahasa, dan evaluasi pembelajaran di TK Bina Bakti Sumbermulyo Tanggamus. Metode Penelitian yang digunakan peneliti ini merupakan penelitian kualitatif/ deskripsi kualitatif .Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi,dan observasi, wawancara, dan teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan reduksi data,display data, dan verifikasi data. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran di TK Bina Bakti Sumbermulyo Tanggamus dalam hal bagaimana penggunaan media magic box dalam mengembangkan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Bina Bakti Sumbermulyo terdapat perencanaan pembelajaran diantaranya yaitu merumuskan tujuan khusus,memilih pengalaman belajar ,menentukan kegiatan belajar mengajar,menentukan orang yang terlibat dalam proses pembelajan, memilih alat dan bahan. Kegiatan mengembangkan bahasa melalui penggunaan media magic box yang diberikan oleh guru berjalan sesuai dengan harapan dan tingkat pencapaian perkembangan anak dan sudah berjalan dengan lancar dan cukup baik. Adapun evaluasi pembelajaran yang dilakukan adalah menyusun rencana evaluasi hasil belajar,menhimpun data,melakukan verivikasi data,mengolah dan menganalisis data,memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan,tindak lanjut hasil evaluasi.Guru juga diharapkan selalu memberikan motovasi kepada peserta didik agar selalu semangat belajar, dan guru juga dituntut untuk lebih kreativ dan inovativ serta aktiv dalam meberikan pembelajaran. Kata kunci : Media Magic Box, Perkembangan bahasa. iiiABSTRACT The research is motivated by the problem that there are still some children whose language development has not developed and needs to be improved in terms of children who are still unable to answer the questions given by the teacher,communicated orally and in writing with correct their and language, compose pronunciation use own sentences, and recognices many letter, is unable to express what he feels, expesses opinions. To address this problem, magic box media is used in term of developing aspects of language development in children. This qualitative research qualitative decription or research aims to find out how learning planning, use of magic box media, and evaluation of learning in Bina Bakti Sumbermulyo Tanggamus Kindergarden is. This research method used by this researcher is a qualitative research/ qualitative description. The data collection techniques in this study using data reduction, data display, and data verification. The result of the study showed that the learning process at Bina Bakti Sumbermulyo Tanggamus Kindergarden in terms of how to use nagic box media in developing that of children aged language Bakti 5-6 years Bina in Sumbermulyo Tanggamus Kindergarden, there are learning plans including formulating specific goals, choostinglearning experiences, determine theaching and learning activities, determine people involved in the learning process, select tools and materials. Language development activities through the use of magic box media provided by the teacher are running according to the expectations and level of achievement of children‟s development and have been running smoothly and quite well. The evaluation the learning carried out is by compiling a plan for evaluating learning outcomes, collecting ivdata, verifying data, processing and analyzing data, providing interpretations and drawing conclusions, following up on evaluation result. Teacher are alse expected to always eager to learn, and teachers are also required to be more creative and innovative and active in providing learning. Keyword : Magic Box Media, Language Development

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:39
Last Modified: 07 Jul 2021 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15148

Actions (login required)

View Item View Item