ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP STRATEGI PENCEGAHAN PAHAM RADIKALISME DI PROVINSI LAMPUNG (Studi pada Kementerian Agama Provinsi Lampung)

NENDI, PURWANTO (2021) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP STRATEGI PENCEGAHAN PAHAM RADIKALISME DI PROVINSI LAMPUNG (Studi pada Kementerian Agama Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_NENDI_PURWANTO[1].pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of perpus pusat bab 1.2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Paham radikal secara umum diartikan sebagai suatu pemikiran yang berusaha melakukan perubahan menggunakan cara yang tidak biasa dan sering dilakukan dengan cara kekerasan. Paham radikal di Indonesia sudah ada sejak Orde Baru dan berkembang hingga sekarang. Indonesia dalam keadaan bahaya apabila paham radikal tersebut dibiarkan berkembang, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya aksi terorisme yang dijalankan berdasarkan motif iokumigy atau paham radikal yang dimiliki oleh pelaku terorisme. Permasalahan yang diangkat dalam karya ilmiah ini yaitu mengenai strategi pencegahan paham radikalisme di Provinsi Lampung. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui strategi Kementrian Agama Provinsi Lampung terhadap pencegahan paham radikalisme dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah tentang strategi Kementrian Agama Provinsi Lampung terhadap pencegahan paham radikalisme. Metode yang dipakai pada penulisan ini yaitu menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer yang diambil dari sejumlah responden. Untuk mendapatkan data yang valid penelitian ini menggunakan beberapa metode penelitian data yaitu wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder dapat dilakukan melalui kepustakaan bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan buku-buku yang terdapat pada perpustakaan. Berdasarkan penelitian dilapangan, Lampung masuk dalam kategori lima provinsi terbesar yang memiliki potensi radikalisme. Dalam hal ini strategi yang di ambil oleh Kementerian Agama Provinsi Lampung dalam mencegah paham radikalisme dapat di lakukan yaitu strategi yang memanfaatkan kekuatan yang ada untuk meraih peluang yang dimiliki. Karena itu strategi prioritas yang perludilakukan adalah meningkatkan peran pemerintsh, TNI, Polri tokoh agama dan masyarakat dalam melakukan kebangsaan dan cinta pancasila, mengoptimalkan peran serta komunitas cinta damai dan NKRI untuk meningkatkan rasa saling menghormati dan menghargai antar umat beragama, serta menyiapkan aturan dan program peningkatan kegiatan toleransi keagamaan, kebangsaan dan pancasila.Tinjauan fiqh siyasah terhadap strategi Kementerian Agama Provinsi Lampung dalam mencegah paham radikalisme sudah berjalan sesuai dengan iokum Islam. Agama mengajarkan kepada manusia kedamaian dan kesetidak lawanan satu sama lain, saling hormat menghormati, membangun kesetidak lawanan baik dalam seagama maupun penganut agama di luar agama yang dianutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:26
Last Modified: 07 Jul 2021 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15144

Actions (login required)

View Item View Item