KONTRIBUSI KIAI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi di Pondok Pesantren Al-Anshor Dusun Way Bayas Kelurahan Panjerejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu).

JENNY, PRISCILLA (2021) KONTRIBUSI KIAI DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi di Pondok Pesantren Al-Anshor Dusun Way Bayas Kelurahan Panjerejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI JENNY PRISCILLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu tujuan dari perkawinan yaitu untuk mewujudkan keluarga sakinah. Kiai dan santri pondok pesantren Al-Anshor yang telah menikah mempunyai beberapa upaya dalam melaksanakan atau mewujudkan keluarga sakinah. Namun dalam upaya pelaksanaan keluarga sakinah terdapat kendala yang dihadapi oleh santri yang telah menikah yaitu belum bisa menjalankan kehidupan rumah tangga dengan baik, belum bisa menyelesaikan permasalahan yang muncul setelah menjalani kehidupan berumah tangga bersama dan belum bisa menjalankan tugas dan kewajiban sebagai suami istri. Sehingga masih banyak pasangan santri yang telah menikah belum bisa mewujudkan keluarga sakinah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini: Pertama: bagaimana kontribusi kiai dalam mewujudkan keluarga sakinah di pondok pesantren Al-Anshor?. Kedua: Bagaimana tinjauan fikih munakahat terhadap kontribusi kiai dalam mewujudkan keluarga sakinah di Pondok Pesantren Al-Anshor?. Tujuan dari penelitian ini: pertama: untuk mengetahui kontribusi kiai dalam mewujudkan keluarga sakinah di Pondok Pesantren Al-Anshor. Kedua: untuk mengetahui tinjauan fikih munakahat terhadap kontribusi kiai dalam mewujudkan keluarga sakinah di pondok pesantren islam Al-Anshor. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data primer didapatkan melalui hasil wawancara dengan kiai dan santri yang telah menikah, dan data sekunder diperoleh dari literature yang berhubungan dengan pokok pembahasan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan interview,observasi dan dokumentasi. Teknik pengelolahan data dilakukan dengan cara pemeriksaan data dan sistematisasi data. Analisis data menggunakan teknik berpikir deduktif dan dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: pertama: kontribusi kiai dalam mewujudkan keluarga sakinah khususnya di kalangan santri Pondok Pesantren Al-Anshor merupakan bentuk rasa kasih sayang dan kepedulian dengan cara memberikan bimbingan pranikah dan membantu para santri yang telah menikah dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dalam rumah tangga. Kedua: tinjauan fikih munakahat terhadap kontribusi kiai dalam mewujudkan keluarga sakinah telah sesuai dengan fikih munakahat, namun terdapat perbedaan dimana kiai mewajibkan istri untuk membantu suami untuk mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, dalam Al-Qur‟an surat Al-Baqarah ayat 233 dan Ath-Thalaq ayat 7 dijelaskan bahwa pemenuhan nafkah adalah kewajiban suami, namun karena untuk menghindari pertengkaran akibat masalah ekonomi, maka kiai mewajibkan istri untuk mencari nafkah, sehingga kebutuhan rumah tangga tercukupi dan tidak ada pertengkaran karena masalah ekonomi. Kata kunci : Kontribusi, Kiai, Keluarga Sakinah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 03:42
Last Modified: 07 Jul 2021 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item View Item