KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SURAT PENDEK SESUAI DENGAN ILMU TAJWID PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI NURUL IMAN SUKADATANG LAMPUNG UTARA

MIRNA, WIDIANTI (2021) KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SURAT PENDEK SESUAI DENGAN ILMU TAJWID PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS V MI NURUL IMAN SUKADATANG LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI MIRNA WIDIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan membaca Al-Quran ialah keterampilan yang dapat melafadzkan huruf-huruf sesuai dengan ilmu tajwid, dan membaca Al-Quran harus dengan perlahan-lahan. Mengingat pentingnya kemampuan membaca Al-Quran maka di lembaga-lembaga pendidikan sudah diajarkan tentang membaca Al-Quran yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid yang di ajarkan oleh pendidik. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana kemampuan membaca Al-Quran pada surat pendek sesuai dengan ilmu tajwid pada mata pelajaran Al-Quran hadist peserta didik kelas V di MI Nurul Iman Sukadatang Kabupaten Lampung Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Quran peserta didik kelas V di MI Nurul Iman Sukadatang Lampung Utara. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang saat ini sedang berlangsung. Dengan kata lain penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada. Penelitian kali ini meneliti peserta didik kelas V di MI Nurul ImanSukadatangBukit Kemuning. Alasan pemilihan tempat pada penelitian ini adalah peneliti dapat ikut serta dalam proses pembelajaran untuk mengamati peserta didik. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti mendapatkan hasil bahwa kemampuan membaca Al-Quran pada peserta didik kelas V MI Nurul Iman Sukadatang sudah baik. Terlihat saat pengamatan berlangsung bahwa terdapat peserta didik yang mendapatkan nilai sangat baik, karena peserta didik membaca Al-Quran secara lancar, sudah sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, makharijul huruf serta peserta didik tersebut membaca Al-Quran dengan nada atau irama. Terdapat beberapa peserta didik yang sudah mendapatkan nilai baik, peserta didik membaca Al-Quran sudah lancar, akan tetapi masih kurang tepat dalam makharijul huruf dan ilmu tajwidnya. dan ada 3 peserta didik yang mendapatkan nilai cukup karenapeserta didik tersebut dalam membaca Al-Quran belum lancar, keliru atau salah dalam makharijul huruf serta belum menerapkan ilmutajwid. Kata kunci: kemampuan membaca Al-Quran, Ilmu Tajwid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2021 03:16
Last Modified: 07 Jul 2021 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15128

Actions (login required)

View Item View Item