BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL DALAM PROSES PENYEMBUHAN SANTRI GANGGUAN JIWA DI PONDOK PESANTREN JOLO SUTRO AL-HIKMAH TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

JUNITA, KAMI TREE (2021) BIMBINGAN MENTAL SPIRITUAL DALAM PROSES PENYEMBUHAN SANTRI GANGGUAN JIWA DI PONDOK PESANTREN JOLO SUTRO AL-HIKMAH TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI JUNITA KAMI TREE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Gangguan jiwa adalah kumpulan dari keadaan-keadaan yang tidak normal, dengan keadaan seperti itu orang yang mengalami ganguan jiwa tentunya tidak mengerti dengan keadaan dirinya, kebanyakan dari mereka dibiarkan begitu saja tanpa ada yang memperhatikan. Maka dari itu mereka sangat membutuhkan arahan dan bimbingan dari orang lain. Pondok Pesantren Jolo Sutro Al-Hikmah Terbanggi Besar Lampung Tengah adalah sebuah wadah atau tempat yang menangani santri ganguan jiwa, mereka diarahkan dan dibimbing untuk bisa sembuh dan kembali normal, dengan memberikan bimbingan mental spiritual dalam proses penyembuhannya, berdasarkan hal tersebut maka peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana bimbingan mental spiritual dalam proses penyembuhan santri gangguan jiwa di Pondok Pesantren Jolo Sutro Al-Hikmah Terbanggi Besar Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, sumber data primer dalam penelitian ini adalah 1 kyai, 1 orang petugas terapi, 3 santri gangguan jiwa dan 1 pengurus Pondok Pesantren Jolo Sutro Al-Hikmah Terbanggi Besar Lampung Tengah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa bimbingan mental spiritual dalam proses penyembuhan santri gangguan jiwa di Pondok Pesantren Jolo Sutro Al-hikmah dilakukan oleh kyai dan petugas terapi dengan melakukan beberapa proses atau tahapan yaitu: pertama, tahap awal yang meliputi kegiatan mempersiapkan tahap terapi, mendiagnosis santri, memberikan penjelasan mengenai terapi, memastikan santri berwudhu dan berpakaian rapi, serta mengarahkan santri ketempat pelaksanaan terapi. Kedua, tahap terapi dengan mengunakan metode shalat, dzikir, dan ruqyah. Ketiga, evaluasi untuk menilai dan mengetahui sejauh mana bimbingan mental spiritual dalam proses penyembuhan mencapai hasil dengan melihat banyaknya santri yang sembuh dan kembali kemasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:35
Last Modified: 06 Jul 2021 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15118

Actions (login required)

View Item View Item