ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PERGESERAN PELAKSANAAN WARIS ADAT SEMENDE LEMBAK (Studi Kasus Desa Galang Tinggi Kec. Mekakau Ilir Oku Selatan)

Senjha, Haryanto (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PERGESERAN PELAKSANAAN WARIS ADAT SEMENDE LEMBAK (Studi Kasus Desa Galang Tinggi Kec. Mekakau Ilir Oku Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI UNTUK DIPRINT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Hukum Waris Islam adalah seperangkat aturan tentang proses pembagian harta peninggalan orang yang telah meninggal dunia dan menentukan ahli waris mana saja yang berhak untuk mendapatkan harta warisan tersebut bagian masing-masing dari harta peninggalan tersebut sesuai dengan ketetapan ajaran Islam. Untuk anak laki-laki mendapat bagian 2/1 sedangkan anak perempuan mendapatkan bagian ½ . Adapun rumusan msalah pada penelitian ini, apakah penyebab terjadinya pergeseran waris adat Semende Lembak, selanjutnya bagaimana analisis hukum Islam terhadap peregeseran waris adat Semende Lembak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyebab terjadinya pergeseran waris adat Semende Lembak, selanjutnya untuk mengetahui bagaimana analisis hukum Islam terhadap peregeseran waris adat Semende Lembak. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan Field Research yang bersifat analisis deskriptif, metode pengumpulan datanya yaitu interview, observasi dan wawancara. Untuk menganalisa data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif . Berdasarkan penelitian ini ditemukan data dilapangan bahwa pembagian waris di desa Galang Tinggi Kecamatan Mekakau Ilir Kabupaten Oku Selatan tidak menggunakan hukum waris Islam tidak juga menggunakan hukum waris adat Semende Lembak melainkan harta waris dibagikan secara sama rata agar tidak adanya perselisihan diantara ahli waris supaya mendapatkan pembagian yang adil yang dilakukan dengan musyawarah mufakat diantara keluarga. Analisis hukum Islam terhadap peregeseran waris adat Semende Lembak diantara syarat pembagian waris ialah adanya keadilan, karena ketidak adilan orangtua akan menjadi sebab kebencian diantara anak. Tapi disisi lain jangan sekali kali seorang anak berprasangka buruk dan berkata orangtuaku tidak adil. Jika pada dasarnya dalam pembagian waris tidak menginginkan perpecahan dalam keluarganya karena pembagian waris yang tidak adil, hal itu senada dengan hukum Islam yang sangat menenkankan adanya keadilan dari segala aspek dalam kehidupan, karena itu jika mengerjakan keadilan berarti melaksanakan keadilan yang diperintahkan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:25
Last Modified: 06 Jul 2021 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15112

Actions (login required)

View Item View Item