ANALISIS METODE BERCERITA (DONGENG) SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS IVA SDN 9 TEGINENENG PESAWARAN LAMPUNG

DIANA, WULANDARI (2021) ANALISIS METODE BERCERITA (DONGENG) SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS IVA SDN 9 TEGINENENG PESAWARAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI DIANA WULANDARI_1611100228_PGMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan tujuan pendidikan nasional, pendidikan di sekolah tidak hanya terkait upaya penguasaan bidang akademik saja, namun harus diimbangi dengan pembentukan karakter peserta didik. Banyak pihak yang mengatakan bahwa proses pendidikan di Indonesia belum berhasil membangun manusia yang berkarakter, bahkan dapat dikatakan gagal. Banyak lulusan atau sarjana yang cerdas dan kreatif, namun memiliki mental dan moral yang lemah. Pelanggaran hukum dan penyimpangan sosial tersebut tentu menjadi keprihatinan bagi kita semua. Diperlukan suatu pembenahan untuk menanggulanginya agar tindak kriminalitas serta penyimpangan sosial tersebut tidak semakin banyak khususnya di kalangan pelajar. Hal-hal semacam itu tidak akan terjadi apabila dalam setiap individu tertanam nilai moral dan karakter yang positif. Adanya landasan moral dan karakter positif yang kuat, seseorang akan berpikir berulang kali untuk melakukan hal-hal negatif tersebut. Penanaman karakter disekolah diharapkan mampu membentuk seorang individu menjadi pribadi yang berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode bercerita (dongeng) sebagai pembentuk karakter peserta didik kelas IVA SDN 9 Tegineneng Kabupaten Pesawaran Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas IVA dan peserta didik kelas IVA SDN 9 Tegineneng Kabupaten Pesawaran Lampung. Objek penelitian ini adalah metode bercerita (dongeng) sebagai pembentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode bercerita (dongeng) sangat efektif sebagai pembentukan nilai karakter peserta didik jika diterapakan sebagai kegiatan rutin yang guru laksanakan terhadap peserta didiknya. Penerapan metode bercerita (dongeng) sebagai pembentuk karakter peserta didik di kelas IV A SDN 9 Tegineneng meliputi tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap Perencanaan terdiri dari persiapan pribadi dan persiapan teknis. Tahap Pelaksanaan terdiri dari strategi mendongeng guru, teknik mendongeng guru, langkah dasar dalam mendongeng dan cara penyampaian pesan moral dalam dongeng. Tahap evaluasi menggunakan penilaian formatif yaitu berupa pengamatan dan penugasan. Kata Kunci: Metode Dongeng, Pembentukan Karakter, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:00
Last Modified: 06 Jul 2021 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15102

Actions (login required)

View Item View Item