ARTIKEL HIJAB PADA MEDIA ONLINE FACEBOOK DALAM MEMBANGUN KESADARAN MENUTUP AURAT WANITA DI DESA WONODADI KECAMATAN GADING REJO KABUPATEN PRINGSEWU

SITI, FAUJIJAH HIDAYATI (2021) ARTIKEL HIJAB PADA MEDIA ONLINE FACEBOOK DALAM MEMBANGUN KESADARAN MENUTUP AURAT WANITA DI DESA WONODADI KECAMATAN GADING REJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI     SITI FAUJIJAH HIDAYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER,BAB1,2, DAPUS     SITI FAUJIJAH HIDAYATI.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya wanita yang menggunakan hijab hanya sebatas menutup rambut, dengan rasa keterpaksaan karena tuntutan instansi sekolah, tempat kerja, bahkan keluarga sendiri. Kesadaran menutup aurat dapat dibangun dari sebuah artikel hijab di facebook sehingga wanita sadar pentingnya menutup aurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan-muatan artikel facebook dan tingkat kesadaran wanita dalam menutup aurat. Jenis Penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan. Dilihat dari sifat penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini berjumlah 13 orang wanita, yang diperoleh melalui metode kuisioner, wawancara, dan metode observasi. Sedangkan sumber data sekunder bersumber dari dokumen, foto dan data lainnya. Teknik pengambilan sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling atau pengambilan sampel secara berantai dari satu narasumber ke narasumber lainnya. Dari penelitian ini, hasil temuan penulis di lapangan bahwa dengan adanya berbagai artikel tentang hijab di facebook maka banyak dari mereka sadar dan lebih yakin akan kewajiban menutup aurat. Masyarakat terpengaruhi oleh isi pesan dakwah pada artikel itu. Sedangkan dalam membangun tingkat kesadaran menutup aurat sangat menginspirasi bagi pembacanya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa setelah membaca artikel hijab semakin ingin lebih baik, tingkat kesadarannya menjadi tinggi, dan sudah bisa menempatkan diri dalam menutup aurat di hadapan non-mahramnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:45
Last Modified: 06 Jul 2021 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15098

Actions (login required)

View Item View Item