ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE DIMASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS IV DI MIN 8 BANDAR LAMPUNG

IDA, MATUL KHOIRIYAH (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE DIMASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS IV DI MIN 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL IDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PEMBELAJARAN ONLINE DIMASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DIDIK KELAS IV DI MIN 8 BANDAR LAMPUNG Oleh: Ida Matul Khoiriyah Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di MIN 8 Bandar Lampung. 2) Menganalisis pembelajaran online dimasa pandemi dalam pembelajaran al-qur‟an hadits di MIN 8 Bandar Lampung tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dimaksudkan hanya dengan membuat deskripsi atau narasi dari suatu fenomena, tidak untuk mencari hubungan antar variabel, ataupun menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Al-qur‟an Hadits di Min 8 Bandar Lampung dinilai sudah baik. Pendidik melakukan pembelajaran Al�Qur‟na Hadits dengan tujuan mengarahkan peserta didik dalam memahami, mengenal, menghayati dan mengamalkan hukum Islam yang mengarah peserta didik supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta pengalaman peserta didik sehingga menjadi muslim yang selalu bertambah keimanannya kepada Allah SWT. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran Al-Qur‟an Hadits tersebut, pendidik melakukan pembelajaran online dimasa pandemi. Analisis pembelajaran online dimasa pandemi dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadits di MIN 8 Bandar Lampung berjalan dengan baik; mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, yang sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal-hal lain yang terkait dalam pembelajaran online. Pembelajaran o n l i n e merupakan suatu pembelajaran yang menjadi solusi dalam pembelajaran dimasa pandemi yang bertujuan untuk membantu guru menyampaikan materi pada peserta didik. Peserta didik dengan segala potensi yang dimiliki, memungkinkan untuk mengembangkannya sendiri sehingga menjadi pengetahuan yang bermakna, baik sebagai individu, anggota keluarga maupun anggota masyarakat. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran Online, Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 02:50
Last Modified: 06 Jul 2021 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15088

Actions (login required)

View Item View Item