LAYANAN KONSELING KELOMPOK CHOICE THEORY REALITY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DARUL KAMAL RUGUK LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hidayati, Nur (2017) LAYANAN KONSELING KELOMPOK CHOICE THEORY REALITY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS DARUL KAMAL RUGUK LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Hidayanti.pdf]
Preview
PDF
Download (63MB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar merupakan ketaatan/kepatuhan yang megharuskan peserta didik mengikuti aturan yang berlaku didalam belajar. Namun kenyataan yang terjadidi MTS Darul Kamal Ruguk Lampung Selatan masih terdapat peserta didik kelas VIII yang tidak mematuhi peraturan dalam belajar seperti : sering mengobrol di kelas, tidak membawa buku pelajaran, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), datang kesekolah tidak tepat waktu, mencontek saat ulangan/latihan, dan mengobrol saat jam pelajaran dikelas. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan disiplin belajar dengan menggunakan Choice Theory Reality Therapy. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran disiplin belajar peserta didik dan untuk mengetahui Layanan Konseling Kelompok Choice Theory Reality Therapy untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas VIII MTS Darul Kamal Ruguk Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 18 peserta didik kelas VIII MTS Darul Kamal Ruguk Lampung Sealatan tahun pelajaran 2016/2017 yang memiliki disiplin kategori sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala rating scale disiplin belajar, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan rata-rata skor disiplin belajar kelompok eksperimen sebelum mengikuti layanan konseling kelompok choice theory reality therapy ada lah 59,33 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok choice theory reality therapy meningkat menjadi 78,11. Sedangkan pada kelompok control adalah 60,77 dan pada saat posttest mendapat peningkatan menjadi 68,89. Dari hasil uji–t dengan df = 16 dengan taraf (6,652>2,145) Maka, Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi choice theory reality therapy dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas VIII di MTS Darul Kamal Ruguk Lampung Selatan tahun pelajaran 2016/2017 diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Oct 2017 01:52
Last Modified: 02 Oct 2017 01:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item