PEMBAGIAN UPAH PERTANIAN DENGAN SISTEM MAJEK DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di Desa Srikaton Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah)

EVA, DARA PUSPITASARI (2021) PEMBAGIAN UPAH PERTANIAN DENGAN SISTEM MAJEK DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di Desa Srikaton Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pertanian di Desa Srikaton Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah terdapat pembagian upah dengan sistem majek yaitu merupakan kerjasama antara pemilik sawah dan buruh tani. Kegiatan tersebut adalah kegiatan upah mengupah (Ijarah) kepada buruh tani, dimana buruh tani yang diberi tanggung jawab untuk menanam padi dan memanen padi akan di bayar saat panen pembagian hasil padi dengan sistem majek belum ada kejelasan upah terhadap buruh tani, bahkan tidak mendapatkan upah jika gagal panen. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana praktik pembagian upah pertanian dengan sistem majek di Desa Srikaton, Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah, dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik pembagian upah pertanian dengan sistem majek pada petani di Desa Srikaton, Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik pembagian upah pertanian dengan sistem majek di Desa Srikaton, Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah, dan tinjauan hukum Islam tentang praktik pembagian upah pertanian dengan sistem majek pada petani di Desa Srikaton, Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research), sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis ialah pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, pengolahan data dilakukan melalui editing dan sistemasi data, analisis data secara kualitatif dengan mengunakan metode deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik pembagian upah pertanian dengan Sistem Majek di Desa Srikaton, Kecamatan Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah terjadi karena kesepakatan kedua belah pihak, kegagalan panen padi maka kerugian akan di tanggung bersama, gagal panen sering terjadi di musim sadon, gagal panen di sebabkan karena kekeringan, karna pesawahan miliknya jauh dari sungai atau berada di dataran yang tinggi, tidak bisa menyedot air untuk padi yang ia tanami. Sedangkan menurut hukum Islam, praktik pembagian upah pertanian dengan Sistem Majek sah atau diperbolehkan dalam hukum Islam, karena rukun dan syarat Ujrah sudah terpenuhi, yaitu adanya Aqid, Sighat dan Ujrah. Maka kegagalan yang dialami petani mengakibatkan kerugian kedua belah pihak, sudah menjadi kesepakatan bersama di awal akad apabila keduanya setuju dengan perjanjian tersebut, maka keduanya akan mengetahui hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2021 02:16
Last Modified: 06 Jul 2021 02:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15078

Actions (login required)

View Item View Item